Usia dan Tingkat Perkembangan Siswa: Media pembelajaran harus disesuaikan dengan usia dan kemampuan kognitif siswa. Misalnya, untuk siswa SD, media yang digunakan harus sederhana, menarik, dan mudah dipahami, seperti gambar, video, buku bergambar, atau permainan interaktif yang merangsang minat mereka.
Relevansi dengan Kurikulum Merdeka: Media pembelajaran harus mendukung tujuan dan kompetensi dasar dalam Kurikulum Merdeka, yang menekankan pada pembelajaran berbasis siswa, pengembangan karakter, serta keterampilan abad 21. Media yang dipilih harus mampu mendukung pendekatan pembelajaran yang bersifat fleksibel, partisipatif, dan berbasis proyek.
Aksesibilitas dan Keterjangkauan: Media yang digunakan harus mudah diakses oleh semua siswa, baik yang berada di daerah perkotaan maupun pedesaan. Ini meliputi pertimbangan apakah media tersebut dapat diakses melalui perangkat yang tersedia, seperti komputer, tablet, atau smartphone.
Relevansi dengan Kurikulum Merdeka: Media pembelajaran harus mendukung tujuan dan kompetensi dasar dalam Kurikulum Merdeka, yang menekankan pada pembelajaran berbasis siswa, pengembangan karakter, serta keterampilan abad 21. Media yang dipilih harus mampu mendukung pendekatan pembelajaran yang bersifat fleksibel, partisipatif, dan berbasis proyek.
Aksesibilitas dan Keterjangkauan: Media yang digunakan harus mudah diakses oleh semua siswa, baik yang berada di daerah perkotaan maupun pedesaan. Ini meliputi pertimbangan apakah media tersebut dapat diakses melalui perangkat yang tersedia, seperti komputer, tablet, atau smartphone.