Terima kasih sudah menjawab kak, izin ya untuk menambahkan jawabannya.
saya sangat setuju dengan poin-poin yang sudah disampaikan namun ketika kita sudah melaksanakan semua poin-poin yang sudah dijelaskan jangan lupa untuk melakukan penilaian holistik dan berkelanjutan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan/pemahaman siswa dengan melalui beberapa cara seperti:
1. Portofolio: Menyimpan hasil karya siswa, seperti tulisan, rekaman berbicara, atau catatan diskusi, untuk memantau perkembangan dari waktu ke waktu.
2. Observasi: Guru dapat melakukan pengamatan langsung terhadap partisipasi siswa dalam diskusi, peran dalam drama, atau cara mereka merespons pertanyaan selama pembelajaran.
3. Rubrik Penilaian: Membuat rubrik dengan kriteria yang jelas untuk menilai setiap keterampilan (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis), seperti kejelasan ide, struktur bahasa, ekspresi budaya, dan pemahaman konteks.
Terima kasih.
saya sangat setuju dengan poin-poin yang sudah disampaikan namun ketika kita sudah melaksanakan semua poin-poin yang sudah dijelaskan jangan lupa untuk melakukan penilaian holistik dan berkelanjutan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan/pemahaman siswa dengan melalui beberapa cara seperti:
1. Portofolio: Menyimpan hasil karya siswa, seperti tulisan, rekaman berbicara, atau catatan diskusi, untuk memantau perkembangan dari waktu ke waktu.
2. Observasi: Guru dapat melakukan pengamatan langsung terhadap partisipasi siswa dalam diskusi, peran dalam drama, atau cara mereka merespons pertanyaan selama pembelajaran.
3. Rubrik Penilaian: Membuat rubrik dengan kriteria yang jelas untuk menilai setiap keterampilan (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis), seperti kejelasan ide, struktur bahasa, ekspresi budaya, dan pemahaman konteks.
Terima kasih.