pembelajaran bahasa sebagai alat komunikasi dan sastra sebagai media ekspresi budaya dapat di terapkan di SD/MI untuk mengembangkan keterampilan menyimak ( listening skills ) , berbicara ( speaking skills ) , membaca ( reading skills ) , dan keterampilan menulis ( writing skills ) yang bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien.
ada empat aspek cara mengembangkan kemampuan komunikasi,pengetahuan,kreativitas siswa yaitu sebagai berikut :
1. keterampilan menyimak ( listening skills ) merupakan keterampilan berbahasa yang paling banyak dilakukan manusia,oleh karena itu keterampilan menyimak dengan baik sangat di perlukan dalam setiap aspek kehidupan,terutama dalam hal berkomunikasi dan melakukan kegiatan pembelajaran. Seseorang yang memiliki kemampuan menyimak yang baik akan mudah memahami apa yang di bicarakan oleh lawan bicaranya,dan akan mudah pula menanggapi atau merespon apa yang dikatakan oleh lawan bicaranya tersebut. Dalam mengikuti kegiatan proses pembelajaran, kemampuan menyimak yang baik juga sangat di perlukan.
2. Berbicara ( speaking skills ) merupakan perkembangan bahasa yang terjadi sejak anak mulai berkembang dan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya, sejalan dengan perkembangannya,anak belajar bahasa dari lingkungan terdekatnya melalui proses alamia tanpa pembelajaran yang terprogram.Anak mulai belajar untuk berbicara dengan cara menirukan ucapan dan mengamati interaksi yang dilakukan oleh para pengguna bahasa disekitarnya.
3. membaca ( reading skills ) merupakan kemampuan berbahasa jika di stimulasi sejak anak usia dini dengan cara belajar melalui bermain, karena jika tidak di lakukan proses pembelajaran seperti itu maka siswa akan malas belajar membaca jadi kita bangunkan ruang belajar siswa dengan cara belajar sambil bermain.Contohnya anak di suruh untuk membaca cerita lucu sambil mempraktekannya.
4. menulis ( writing skills ) adalah kemampuan untuk menuangkan ide,gagasan,dan perasaan dalam bentuk tulisan.kemampuan menulis pada anal sejak dini bisa di lihat dari beberapa tahapan yaitu :
a. mencoret-coret : anak lmulai suka mencoret di berbagai permukaan,seperti, kertas,lantai,dan dinding.
b.menulis secara random
c. dan mulai menulis nama
Dengan menerapkan beberapa aspek tersebut pada anak maka anak akan mulai belajar untuk berkomunikasi dengan baik, bisa menciptakan konteks yang tepat,bisa menyampaikan pkiran,perasaan,dan gagasan,serta bisa memahami informasi dengan lebih akurat dan cepat