Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Apa itu Pemetaan Sosial?

Apa itu Pemetaan Sosial?

by Aditya Santa Sanitya Sukarjiana -
Number of replies: 2

Pemetaan sosial adalah suatu kegiatan yang dilakukan yang mana hal ini tentang kondisi sosial budaya masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program. Pemetaan sosial memerlukan pemahaman mengenai kerangka konseptualisasi masyarakat yang dapat membantu dalam membandingkan elemen-elemen masyarakat antara wilayah satu dengan wilayah lainnya. Misalnya, beberapa masyarakat memiliki wilayah (luas-sempit), komposisi etnik (heterogen-homogen)_dan status sosial-ekonomi (kaya-miskin atau maju-tertinggal) yang berbeda satu sama lain. 

In reply to Aditya Santa Sanitya Sukarjiana

Re: Apa itu Pemetaan Sosial?

by Hema Putri Kusuma Wardani -
izin menambahkan, Pemetaan sosial adalah salah satu metode visual yang menunjukan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukenali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut. landscape perubahan sosial di indonesia berubah begitu cepat, dan juga tantangan sosial semakin bertambah.
In reply to Aditya Santa Sanitya Sukarjiana

Re: Apa itu Pemetaan Sosial?

by ZAHROTUTS TSANIYAH -
Izin menambahkan juga, definisi dari pemetaan sosial merupakan proses penggambaran masyarakat yang sistematik yang melibatkan pengumpulan data dan informasi di masyarakat beserta dengan masalah sosialnya. Hasil akhir dari pemetaan sosial ini berupa peta wilayah dengan format sedemikian rupa yang berkaitan dengan masalah sosial, contohnya jumlah orang miskin dan perumahan kumuh yang diberi tanda warna yang berbeda.