haloo izin ya untuk menjawab pertanyaannya
-Pengembangan Keterampilan Berbahasa: Siswa belajar menyimak, berbicara, dan memahami alur cerita. Dengan mendengarkan cerita, mereka dapat meningkatkan keterampilan menyimak dan memperkaya kosa kata. Ketika siswa diminta menceritakan kembali, mereka berlatih keterampilan berbicara dan mengembangkan kreativitas dalam merangkai cerita.
-Penanaman Nilai Karakter: Cerita yang disampaikan dapat mengandung pesan moral, seperti kejujuran, keberanian, kerja keras, tanggung jawab, dan menghormati yang lebih tua maupun sesama manusia. Guru bisa memilih cerita yang mencerminkan nilai-nilai karakter yang ingin ditanamkan.
Contoh Praktis:
Seorang guru bercerita tentang kisah Malin Kundang, yang mengandung nilai-nilai seperti pentingnya menghormati orang tua dan konsekuensi dari perilaku buruk. Setelah mendengar cerita, siswa dapat diajak berdiskusi tentang pentingnya menghormati orang tua dalam kehidupan sehari-hari dan menulis esai pendek tentang bagaimana mereka bisa menunjukkan rasa hormat kepada orang tua mereka di rumah.
Dengan demikian, teknik bercerita tidak hanya mengembangkan kemampuan berbahasa siswa, tetapi juga menanamkan dan memperkuat nilai-nilai karakter yang penting dalam kehidupan mereka.
Semoga membantu. Terima kasih
-Pengembangan Keterampilan Berbahasa: Siswa belajar menyimak, berbicara, dan memahami alur cerita. Dengan mendengarkan cerita, mereka dapat meningkatkan keterampilan menyimak dan memperkaya kosa kata. Ketika siswa diminta menceritakan kembali, mereka berlatih keterampilan berbicara dan mengembangkan kreativitas dalam merangkai cerita.
-Penanaman Nilai Karakter: Cerita yang disampaikan dapat mengandung pesan moral, seperti kejujuran, keberanian, kerja keras, tanggung jawab, dan menghormati yang lebih tua maupun sesama manusia. Guru bisa memilih cerita yang mencerminkan nilai-nilai karakter yang ingin ditanamkan.
Contoh Praktis:
Seorang guru bercerita tentang kisah Malin Kundang, yang mengandung nilai-nilai seperti pentingnya menghormati orang tua dan konsekuensi dari perilaku buruk. Setelah mendengar cerita, siswa dapat diajak berdiskusi tentang pentingnya menghormati orang tua dalam kehidupan sehari-hari dan menulis esai pendek tentang bagaimana mereka bisa menunjukkan rasa hormat kepada orang tua mereka di rumah.
Dengan demikian, teknik bercerita tidak hanya mengembangkan kemampuan berbahasa siswa, tetapi juga menanamkan dan memperkuat nilai-nilai karakter yang penting dalam kehidupan mereka.
Semoga membantu. Terima kasih