Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

Urgensi Melakukan Pengembangan Diri

Urgensi Melakukan Pengembangan Diri

by MUHAMMAD FURQON -
Number of replies: 3

Halo, saya Muhammad Furqon dari Universitas Udayana. Urgensi atau pentingnya melakukan pengembangan diri merupakan salah satu aspek yang  harus dilakukan oleh setiap individu. Karena dengan kita melakukan improvement terhadap diri kita setiap hari, maka kita akan merasakan sendiri perubahan dan perkembangan positif dalam diri. Hal-hal yang dapat dilakukan untum mengembangkan diri: 

1. Dapat belajar hal-hal baru, baik melalui media sosial maupun lingkungan sekitar.

2. Harus memiliki rasa ingin tahu lebih terhadap hal-hal yang positif yang mana berhubungan dengan pengembangan diri. 

3.  Belajar serta menemukan hal  baru yang berdampak positif bagi diri sendiri. 

4. Rajin membaca dan juga mencari informasi, agar wawasan diri semakin luas dan kaya.

Sekian pendapat saya, mohon ditambahkan dan dikoreksi. Terimakasih

In reply to MUHAMMAD FURQON

Re: Urgensi Melakukan Pengembangan Diri

by Steven Steven -
1. Visi pribadi yang lebih jelas

Pengembangan diri membuat Anda bisa memiliki visi hidup menuju masa depan yang lebih jelas, yaitu memiliki ide atau gagasan jelas, misalnya dimana Anda berada dalam waktu enam bulan ke depan atau dua tahun ke depan. Mengetahui target dan tujuan dalam kehidupan memudahkan Anda membuat rencana bagaimana meraih goal yang Anda tetapkan.

2. Mengasah keahlian

Belajar dan tumbuh merupakan pilar dari pengembangan diri. Kedua hal itu membantu Anda mengasah keahlian dengan berfokus pada pengembangan area kelemahan dalam diri melalui belajar suatu keahlian secara formal, merefleksikan masa lalu dan belajar dari pengalaman, atau melalui aktifitas membaca dan mentoring.

3. Ruang untuk bersinar

Pengembangan diri membuat Anda mengenali beberapa talenta tersembunyi yang Anda miliki. Talenta adalah suatu hal yang Anda kuasai dengan baik dan Anda bisa mengetahui Anda memiliki talenta ketika Anda melakukan suatu hal dengan santai, merasa nyaman, bisa bekerja sendiri tanpa pengawasan, dan ketika Anda mengevaluasinya Anda bisa membuat catatan yang membantu Anda melakukan hal tersebut dengan lebih baik lagi.

4. Kunci penting kebahagiaan

Pengembangan diri akan membuahkan kebahagiaan yang lebih banyak lagi bagi diri Anda. Pengembangan diri membantu Anda menentukan arah dan tujuan hidup dengan lebih tertata dan jelas. Harapan dan pengalaman dalam perjalanan yang Anda lalui akan memberikan kebahagiaan tersendiri. Jika Anda bahagia maka kebahagiaan itu akan menular pada orang lain, begitulah hukum alam yang berlaku. Seperti kata orang, hidup itu adalah perjalanan penuh dinamika namun jangan lupa bahagia.

Jadi, pengembangan diri merupakan aspek penting dalam hidup yang memberikan banyak manfaat. Waktu dan energi yang dicurahkan untuk mengembangkan diri tidak pernah akan sia-sia. Hal itu akan kembali pada Anda sebagai bagian dari strategi pengembangan diri Anda.
In reply to MUHAMMAD FURQON

Re: Urgensi Melakukan Pengembangan Diri

by SUKRI SUKRI -
Sedikit tambahan. Perlunya juga penelitian agar menambah pengalaman
In reply to MUHAMMAD FURQON

Re: Urgensi Melakukan Pengembangan Diri

by HEGARD ROUGS DHEGA -
Urgensi untuk pengembangan diri, itu sangat wajib kita lakukan setiap hari karena zaman terus berubah bahkan tiap detik, sehari kita tertinggal mungkin jadi yang terbelakang dengan yang lain. Untuk itu kita setiap hari harus mengkonsumsi ilmu baru bisa dari internet, berbicara dengan orang, membuat sesuatu dll.