Dengan adanya perubahan kurikulum, apakah berdampak pada cara guru menyampaikan materi
Bagaimana Pendapat dan pandangan saudara? jelaskan
menurut pendapat dan pandangan ananda hesti indriyani dengan adanya perubahan kurikulum ini sangat lah memberikan dampak yang cukup signifikan pada cara guru dalam menyampaikan materi, hal ini dikarenakan disetiap adanya perubahan kurikulum pasti akan ada perubahan dalam metode, materi ajar, strategi pembelajaran, cpk, dan cpmk nya yang pasti sangat berbeda antara masing-masing kurikulum.
disamping itu, dengan adanya perubahan kurikulum ini tentunya menuntut seorang guru memiliki kemampuan dan potensi lebih yang mana seorang guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi. terutama pada kurikulum merdeka yang menekankan bahwa setiap murid berbeda, dan memiliki cara penerimaan suatu pembelajaran yang satu dengan yang lain dan membuat seorang guru harus pandai dalam mengelola setiap perbedaan pada masing-masing peserta didik tersebut. namun sedikit tanggapan bahwasanya seorang guru pun berbeda antara satu dengan yang lain namun guru harus bisa menjadi fasilitator dari semua keberagaman dari peserta didik tersebut.
disamping itu, dengan adanya perubahan kurikulum ini tentunya menuntut seorang guru memiliki kemampuan dan potensi lebih yang mana seorang guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi. terutama pada kurikulum merdeka yang menekankan bahwa setiap murid berbeda, dan memiliki cara penerimaan suatu pembelajaran yang satu dengan yang lain dan membuat seorang guru harus pandai dalam mengelola setiap perbedaan pada masing-masing peserta didik tersebut. namun sedikit tanggapan bahwasanya seorang guru pun berbeda antara satu dengan yang lain namun guru harus bisa menjadi fasilitator dari semua keberagaman dari peserta didik tersebut.
Menurut pendapat saya Dinda Anggraini,Ya, perubahan kurikulum dapat berdampak pada cara guru menyampaikan materi:
Dampak positif
Perubahan kurikulum dapat membantu siswa mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju.
Dampak negatif
Perubahan kurikulum yang terlalu cepat dapat menimbulkan masalah baru, seperti penurunan prestasi siswa. Hal ini bisa terjadi karena siswa belum dapat menyesuaikan diri dengan sistem pembelajaran yang baru.
Peran guru
Guru perlu memahami kurikulum baru dan komponen-komponennya untuk menerapkannya dengan baik. Guru juga perlu meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya tentang kurikulum baru, mengikuti pelatihan, dan menggunakan teknologi pendidikan.
Perubahan kurikulum dilakukan untuk: Menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang terjadi dalam pelaksanaan kurikulum, Memenuhi tuntutan perubahan zaman.
Kurikulum wajib ada di setiap institusi pendidikan. Kurikulum berfungsi untuk:
Mengetahui tujuan pendidikan yang dijalankan
Mengetahui arah pembelajaran yang akan diterima di sekolah.
Dampak positif
Perubahan kurikulum dapat membantu siswa mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju.
Dampak negatif
Perubahan kurikulum yang terlalu cepat dapat menimbulkan masalah baru, seperti penurunan prestasi siswa. Hal ini bisa terjadi karena siswa belum dapat menyesuaikan diri dengan sistem pembelajaran yang baru.
Peran guru
Guru perlu memahami kurikulum baru dan komponen-komponennya untuk menerapkannya dengan baik. Guru juga perlu meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya tentang kurikulum baru, mengikuti pelatihan, dan menggunakan teknologi pendidikan.
Perubahan kurikulum dilakukan untuk: Menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang terjadi dalam pelaksanaan kurikulum, Memenuhi tuntutan perubahan zaman.
Kurikulum wajib ada di setiap institusi pendidikan. Kurikulum berfungsi untuk:
Mengetahui tujuan pendidikan yang dijalankan
Mengetahui arah pembelajaran yang akan diterima di sekolah.
Izin menjawab memberikan pendapat bu, perubahan kurikulum tentunya berdampak signifikan terhadap cara guru menyampaikan materi. Kurikulum menentukan tujuan pembelajaran, materi yang harus disampaikan, serta metode dan pendekatan yang digunakan oleh guru. Ketika terjadi perubahan kurikulum, guru harus menyesuaikan strategi pengajaran mereka agar sesuai dengan tuntutan dan standar baru yang ditetapkan.
Perubahan ini dapat berupa penyesuaian dalam metode pembelajaran, seperti pendekatan berbasis proyek (project-based learning), pendekatan saintifik, atau penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Kurikulum yang lebih modern cenderung menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga guru harus lebih kreatif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan mendukung keterampilan berpikir kritis siswa.
Dari sudut pandang saya, perubahan kurikulum merupakan kesempatan bagi guru untuk memperbaharui metode pengajaran mereka agar lebih relevan dengan kebutuhan siswa di era modern. Meski memerlukan penyesuaian dan mungkin menimbulkan tantangan di awal, perubahan ini penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan bahwa siswa tidak hanya menguasai konsep, tetapi juga memiliki keterampilan yang dibutuhkan di dunia nyata.
Perubahan ini dapat berupa penyesuaian dalam metode pembelajaran, seperti pendekatan berbasis proyek (project-based learning), pendekatan saintifik, atau penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Kurikulum yang lebih modern cenderung menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga guru harus lebih kreatif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan mendukung keterampilan berpikir kritis siswa.
Dari sudut pandang saya, perubahan kurikulum merupakan kesempatan bagi guru untuk memperbaharui metode pengajaran mereka agar lebih relevan dengan kebutuhan siswa di era modern. Meski memerlukan penyesuaian dan mungkin menimbulkan tantangan di awal, perubahan ini penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan bahwa siswa tidak hanya menguasai konsep, tetapi juga memiliki keterampilan yang dibutuhkan di dunia nyata.
menurut pendapat ananda taqmawati,adanya perubahan kurikulum sangat berdampak pada cara guru dalam menyampaikan materi,hal ini karena adanya perubahan kurikulum pada metode,materi ajar dan perbedaan masing masing kurikulum,dengan adanya perubahan kurikulum,guru memiliki kemampuan dan potensi lebih.
Ya, perubahan kurikulum dapat berdampak pada cara guru menyampaikan materi diantara nya seperti:
-Guru dapat mengikuti struktur yang telah dibuat dalam penyampaian materi.
-Guru perlu beradaptasi dan menguasai materi yang akan diajarkan.
-Guru perlu memahami tujuan, capaian, dan lain-lain dari kurikulum baru.
-Guru perlu menentukan metode dan media yang tepat untuk proses pembelajaran.
Perubahan kurikulum dapat membawa dampak positif dan negatif bagi kualitas pendidikan. Dampak positifnya, pelajar dapat belajar dengan mengikuti perkembangan zaman. Namun, perubahan kurikulum yang terlalu cepat dapat menimbulkan masalah-masalah baru, seperti perlunya waktu bagi guru untuk beradaptasi dengan kurikulum baru, kurang nya pemahaman peserta didik dan tenaga pendidik tentang kurikulum yang baru serta perlu nya pembekalan yang tepat untuk dapat menerapkan kurikulum yang baru baru untuk mencapai hasil yang optimal
-Guru dapat mengikuti struktur yang telah dibuat dalam penyampaian materi.
-Guru perlu beradaptasi dan menguasai materi yang akan diajarkan.
-Guru perlu memahami tujuan, capaian, dan lain-lain dari kurikulum baru.
-Guru perlu menentukan metode dan media yang tepat untuk proses pembelajaran.
Perubahan kurikulum dapat membawa dampak positif dan negatif bagi kualitas pendidikan. Dampak positifnya, pelajar dapat belajar dengan mengikuti perkembangan zaman. Namun, perubahan kurikulum yang terlalu cepat dapat menimbulkan masalah-masalah baru, seperti perlunya waktu bagi guru untuk beradaptasi dengan kurikulum baru, kurang nya pemahaman peserta didik dan tenaga pendidik tentang kurikulum yang baru serta perlu nya pembekalan yang tepat untuk dapat menerapkan kurikulum yang baru baru untuk mencapai hasil yang optimal
menurut pendapat ananda lela sefita sari. Perubahan kurikulum memiliki dampak yang signifikan pada cara guru menyampaikan materi. Dampak tersebut dapat positif maupun negatif, tergantung pada berbagai faktor seperti dukungan dari pihak sekolah, ketersediaan sumber daya, dan kesiapan guru. Guru perlu beradaptasi dengan perubahan kurikulum, mengembangkan kompetensi baru, dan memanfaatkan berbagai strategi pembelajaran yang efektif untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran.
Tentu berdampak sangat signifikan pada cara guru menyampaikan materi.Seorang guru harus beradaptasi untuk menyesuaikan teknik mengajar agar sesuai dengan tujuan dan pendekatan baru dalam kurikulum.Mencari dan menerapkan Sumber pembelajaran yang sesuai. Mampu menguasai pembelajaran kolaboratif, kritis, dan kreatif serta evaluasi dan penilaian yang berbeda juga.
Perubahan ini bisa menjadi tantangan, tetapi juga kesempatan untuk meningkatkan kualitas.
Perubahan ini bisa menjadi tantangan, tetapi juga kesempatan untuk meningkatkan kualitas.
Baik bu Suranti Gustina izin berpendapat bu, tentunya dengan perubahan kurikulum maka akan muncul 2 sisi, pandangan atau dampak dari perubahan kurikulum pada cara guru menyampaikan materi:
1. Dampak positif
Perubahan kurikulum dapat membantu siswa mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju. Sehingga siswa tidak gagap dengan adanya perubahan-perubahan yang ada, menurut saya dengan adanya perubahan ke kurikulum yang baik itu memberikan hal positif bagi kognitif, keterampilan maupun potensi yang dimiliki siswa
2. Dampak negatif
Perubahan kurikulum yang terlalu cepat dapat menimbulkan masalah baru, seperti prestasi siswa yang menurun. Hal ini bisa terjadi karena siswa tidak dapat menyesuaikan diri dengan sistem pembelajaran yang baru. Bukan hanya siswa guru pun akan mendapatkan tantangan baru, terkadang guru lebih banyak dengan berbagai macam permintaan yang diminta, sehingga siswa terabaikan.
Untuk beradaptasi dengan perubahan kurikulum, guru dapat:
Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kurikulum baru
Mengikuti pelatihan tentang keterampilan dan pedagogi baru
Menggunakan teknologi pendidikan untuk mendukung pembelajaran
Perubahan kurikulum dilakukan untuk:
Menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang selama ini terjadi dalam pelaksanaan kurikulum
Memenuhi tuntutan perubahan zaman
1. Dampak positif
Perubahan kurikulum dapat membantu siswa mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju. Sehingga siswa tidak gagap dengan adanya perubahan-perubahan yang ada, menurut saya dengan adanya perubahan ke kurikulum yang baik itu memberikan hal positif bagi kognitif, keterampilan maupun potensi yang dimiliki siswa
2. Dampak negatif
Perubahan kurikulum yang terlalu cepat dapat menimbulkan masalah baru, seperti prestasi siswa yang menurun. Hal ini bisa terjadi karena siswa tidak dapat menyesuaikan diri dengan sistem pembelajaran yang baru. Bukan hanya siswa guru pun akan mendapatkan tantangan baru, terkadang guru lebih banyak dengan berbagai macam permintaan yang diminta, sehingga siswa terabaikan.
Untuk beradaptasi dengan perubahan kurikulum, guru dapat:
Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kurikulum baru
Mengikuti pelatihan tentang keterampilan dan pedagogi baru
Menggunakan teknologi pendidikan untuk mendukung pembelajaran
Perubahan kurikulum dilakukan untuk:
Menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang selama ini terjadi dalam pelaksanaan kurikulum
Memenuhi tuntutan perubahan zaman
menurut pendapat saya Mulya Rahmawati, Perubahan kurikulum pasti berdampak pada cara guru menyampaikan materi. beberapa pandangan tentang dampaknya:
Peningkatan Pendekatan Aktif: Kurikulum baru sering kali mendorong penggunaan metode pembelajaran yang lebih aktif, seperti diskusi, proyek, dan pembelajaran berbasis masalah. Ini mengharuskan guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang kegiatan kelas.
Fokus pada Keterampilan Abad 21: Kurikulum yang lebih modern biasanya menekankan keterampilan seperti berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi. Guru perlu menyusun materi yang tidak hanya mengedepankan pengetahuan, tetapi juga melatih siswa dalam keterampilan ini.
Integrasi Teknologi: Banyak kurikulum baru mengharuskan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Guru harus beradaptasi dengan alat digital dan platform pembelajaran, sehingga mereka perlu meningkatkan keterampilan teknologi mereka.
Penilaian yang Beragam: Perubahan kurikulum sering kali mencakup sistem penilaian yang lebih beragam. Guru perlu menyesuaikan metode evaluasi untuk mencakup penilaian formatif dan sumatif yang mencerminkan pencapaian kompetensi siswa.
Pengembangan Profesional: Perubahan kurikulum biasanya disertai dengan program pelatihan untuk guru. Ini memberikan kesempatan bagi guru untuk belajar metode baru dan berbagi praktik terbaik dengan rekan-rekan mereka.
Secara keseluruhan, meskipun perubahan kurikulum bisa menjadi tantangan, ini juga membuka peluang bagi guru untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Peningkatan Pendekatan Aktif: Kurikulum baru sering kali mendorong penggunaan metode pembelajaran yang lebih aktif, seperti diskusi, proyek, dan pembelajaran berbasis masalah. Ini mengharuskan guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang kegiatan kelas.
Fokus pada Keterampilan Abad 21: Kurikulum yang lebih modern biasanya menekankan keterampilan seperti berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi. Guru perlu menyusun materi yang tidak hanya mengedepankan pengetahuan, tetapi juga melatih siswa dalam keterampilan ini.
Integrasi Teknologi: Banyak kurikulum baru mengharuskan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Guru harus beradaptasi dengan alat digital dan platform pembelajaran, sehingga mereka perlu meningkatkan keterampilan teknologi mereka.
Penilaian yang Beragam: Perubahan kurikulum sering kali mencakup sistem penilaian yang lebih beragam. Guru perlu menyesuaikan metode evaluasi untuk mencakup penilaian formatif dan sumatif yang mencerminkan pencapaian kompetensi siswa.
Pengembangan Profesional: Perubahan kurikulum biasanya disertai dengan program pelatihan untuk guru. Ini memberikan kesempatan bagi guru untuk belajar metode baru dan berbagi praktik terbaik dengan rekan-rekan mereka.
Secara keseluruhan, meskipun perubahan kurikulum bisa menjadi tantangan, ini juga membuka peluang bagi guru untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Menurut pendapat dan pandangan saya Dewi suci prihatin dengan adanya perubahan kurikulum sangat memberikan dampak yg cukup signifikan pada cara guru untuk menyampaikan materi. Sebagai tenaga pendidik, guru harus memahami dengan baik isi dan tujuan dari kurikulum baru tersebut. Serta guru harus berupaya mengimplementasikan nya dengan baik dalam proses pembelajaran , selain itu guru juga harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut dan memperbarui metode pembelajaran agar lebih efektif dan efisien dalam. Mencapai tujuan pembelajaran.
Menurut saya perubahan pada kurikulum membuat cara guru mengajar ikut berubah. Guru harus menyesuaikan dengan fokus baru, seperti ngajarin keterampilan berpikir kritis atau kolaborasi. Jadi, metode yang dipakai lebih interaktif dan pakai teknologi, nggak cuma ceramah aja. Intinya, perubahan ini bikin guru harus kreatif biar pembelajaran jadi lebih relevan dan menarik buat siswa.
assalamualaikum wr wb
menurut pendapata saya ade irma suryani nim 23113021
Ya, Perubahan kurikulum memengaruhi cara guru mengajar, karena setiap kurikulum membawa pendekatan dan metode baru yang harus disesuaikan. Misalnya, kurikulum berbasis kompetensi mendorong pembelajaran aktif dan kolaboratif, sehingga guru perlu lebih interaktif dan fokus pada pengembangan keterampilan siswa. Perubahan ini mengharuskan guru terus beradaptasi agar pembelajaran lebih efektif sesuai dengan tujuan pendidikan terbaru.
menurut pendapata saya ade irma suryani nim 23113021
Ya, Perubahan kurikulum memengaruhi cara guru mengajar, karena setiap kurikulum membawa pendekatan dan metode baru yang harus disesuaikan. Misalnya, kurikulum berbasis kompetensi mendorong pembelajaran aktif dan kolaboratif, sehingga guru perlu lebih interaktif dan fokus pada pengembangan keterampilan siswa. Perubahan ini mengharuskan guru terus beradaptasi agar pembelajaran lebih efektif sesuai dengan tujuan pendidikan terbaru.