Forum Diskusi 2: Komunikasi

Membangun Kerjasama Tim melalui Komunikasi

Membangun Kerjasama Tim melalui Komunikasi

by RIKA FATIMAH AGUSTINA -
Number of replies: 2

Keberhasilan dalam mencapai suatu tujuan tak pernah lepas dari berjalannya komunikasi yang baik antar anggotanya. Pekerjaan di dalam tim akan efektif saat kita bisa berdiskusi, bertukar saran, dan tahu cara berkomunikasi yang efektif dengan anggota lainnya.  Dengan komunikasi kita juga dapat membangun dan memelihara hubungan antar anggota. salah satunya dengan melalui komunikasi antar anggota dan pimpinan, dengan demikian para anggota kerjasama tim dapat menyampaikan pendapat atau opini sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan baik dan cepat. selain itu dengan komunikasi didalam kerjasama  tim juga dapat memudakan diketahuinya berbagai kendala yang dialami para anggota tim oleh pemimpin tim

 

 

In reply to RIKA FATIMAH AGUSTINA

Re: Membangun Kerjasama Tim melalui Komunikasi

by ABDUL AZIZ -
Pertama, siswa yang diajar menggunakan bahasa ibu lebih mudah dan cepat memahami materi pelajaran. Selain itu, kemampuan literasi yang dibangun dengan menggunakan bahasa ibu sebagai jembatan bahasa, membuat siswa lebih mudah untuk belajar bahasa lain.

Bagi siswa yang belum fasih dengan bahasa Indonesia, memulai pendidikan dalam bahasa Indonesia tentu sangat menantang.

Praktik ini dapat menyebabkan mereka kesulitan untuk mengikuti pembelajaran, bahkan memaksa mereka keluar dari sekolah. Dampak dari praktik ini akan semakin terlihat setelah siswa naik ke jenjang yang lebih tinggi saat bahasa yang digunakan dalam pembelajaran semakin kompleks.

Lebih lanjut, wawancara yang kami lakukan dengan penerima manfaat program yaitu guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah menunjukkan bahwa pembelajaran menjadi lebih mudah dilakukan ketika menggunakan bahasa daerah. Lebih jauh, guru mengaku bahwa siswa menjadi lebih aktif berpartisipasi karena mereka lebih percaya diri untuk bertanya dan menjawab pertanyaan.

Keterlibatan aktor pendidikan lokal, termasuk orang tua dan komite sekolah pada awal program dianggap berkontribusi pada penerimaan komunitas terkait pelaksanaan program. Dengan mempertimbangkan kondisi Indonesia yang sangat beragam, pendekatan dari bawah ke atas dengan melibatkan pemangku kepentingan sekolah dan memperhatikan konteks lokal menjadi sangat penting dalam implementasi program semacam ini.
In reply to RIKA FATIMAH AGUSTINA

Re: Membangun Kerjasama Tim melalui Komunikasi

by ADINDA PUTRI RAHAYU -
Adinda Putri Rahayu
PM130201
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Salah satu komponen yang penting dalam sebuah kerja tim adalah komunikasi yang efektif. Komunikasi dapat memperkuat atau memperlemah bahkan menghancurkan tim. Kerja tim adalah kemampuan untuk bekerja sama menuju satu visi yang sama dengan mengarahkan pencapaian individu ke tujuan bersama. apa manfaat membangun tim yang
efektif. Robert B. Maddux dalam bukunya Team Building mengatakan bahwa manfaat membangun tim yang efektif salah satunya adalah komunikasi bersifat terbuka serta diskusi cara kerja baru untuk memperbaiki kinerja lebih baik karena anggota tim terdorong untuk lebih memikirkan permasalahanya. Selain itu, melalui diskusi maka konflik dapat diseleseaikan secara maksimal.