Nama: Dyah Oktavia
Nim: 51232011
1. Teori pembentukan kognitif dapat diterapkan dalam merancang pembelajaran yang efektif dengan beberapa cara:
• Pengorganisasian Meteri: Susun materi pembelajaran secara terstruktur dan berurutan.Gunakan kerangka atau peta konsep untuk membantu siswa memahami hubungan antar konsep.
• penggunaan Strategi Kognitif: Ajarkan siswa strategi seperti pengulangan,eleborasi, dan mnemonik untuk membantu mereka mengingat informasi.
Dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip ini, pembelajaran dapat menjadi lebih bermakna dan efektif bagi siswa.
2. Perbedaan utama antara sosial konstruktivis dan behavioristik dalam konteks pembelajaran adalah sebagai berikut:
• Pandangan Tentang Pembelajaran:
< behavioristik: menanggapi pembelajaran sebagai perubahan perilaku yang terukur,dicipu oleh rangsangan dari lingkungan. Fokus pada penguatan dan hukuman.
< Konstruktivis: melihat pembelajaran sebagai proses aktif dimana siswa membangun pengetahuan melalui pengalaman dari interaksi. Fokus pada pemahaman dan makna.
• Metode Pengajaran:
< Behavioristik: Menggunakan metode seperti latihan berulang, penguatan positif/negatif, dan tes untuk mengukur perilaku.
<Konstruktivis: Menggunakan metode seperti, proyek, kolaborasi, dan studi kasusn yang mendorong eksplorasi dan refleksi.
Secara keseluruhan, behavioristik lebih fokus pada hasil yang diukur, sementara konstruktivis menekankan proses dan konteks di mana siswa belajar.