1.Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan SAM (Successive Approximation Model) adalah dua pendekatan dalam desain pembelajaran yang berbeda dalam beberapa aspek. ADDIE bersifat linear dan bertahap, di mana setiap fase dilakukan secara berurutan, cocok untuk proyek yang memiliki struktur formal dan waktu lebih panjang. Sebaliknya, SAM bersifat iteratif dan fleksibel, memungkinkan desainer untuk bergerak bolak-balik antar tahapan, lebih cocok untuk proyek yang memerlukan pengembangan cepat. Perbedaan utama lainnya adalah ADDIE melakukan evaluasi di akhir, sementara SAM melakukan pengujian dan revisi secara berkelanjutan di setiap tahap, memungkinkan umpan balik dan penyesuaian berulang sepanjang proses desain
2.
Desain pembelajaran yang interaktif dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar dengan beberapa cara. Interaktivitas memungkinkan siswa menjadi peserta aktif, bukan hanya penerima informasi pasif. Melalui penggunaan elemen-elemen seperti kuis interaktif, simulasi, permainan edukatif, dan diskusi online, siswa dapat merasakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan. Pendekatan ini juga mendorong pembelajaran berbasis pengalaman, di mana siswa dapat mencoba, menguji, dan menerima umpan balik langsung. Ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep tetapi juga memotivasi siswa untuk lebih terlibat karena adanya variasi metode belajar yang mendukung berbagai gaya belajar. Selain itu, interaktivitas memungkinkan personalisasi, di mana siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan preferensi mereka, yang membantu menjaga fokus dan minat. Secara keseluruhan, desain pembelajaran yang interaktif menciptakan lingkungan yang lebih dinamis, kolaboratif, dan efektif dalam meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa.