Selamat pagi bapak dan teman-teman semua perkenalkan nama saya sriwidayati situmorang dengan NIM 223020212056 dari prodi PGSD Rombel B angkatan 2022. Izin memberikan tanggapan saya di diskusi ini
- apa yang kalian rasakan, ketika menjadi siswa kemudian kurikulum berubah?
Menurut saya perubahan kurikulum ketika menjadi siswa mungkin sempat membuat saya merasa kebingungan karena perubahan metode pembelajaran atau sistem penilaian yang tiba-tiba membuat saya merasa kesulitan menyesuaikan diri. Saya merasakan dampak dari adanya perubahan kurikulum ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar yaitu kurikulum 2006/ KTSP menjadi kurikulum K13. Dan selanjutnya ketika saya duduk dibangku SMA kurikulum diganti lagi yang dari kurikulum K13 menjadi kurikulum merdeka.
Nah, untuk kurikulum K13 saya tidak terlalu sulit untuk menyesuaikan diri karna pada kurikulum ini hanya fokus pada pembentukan karakter siswa yang mandiri, bernalar kritis, kreatif dan mempunyai sifat gotong royong. Kegiatan yang sanya ingat waktu saya kelas 6 SD yaitu dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang membuat poster atau video pendek tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Pada kurikulum ini juga masih ada ujian nasional atau UN yang menuntut siswa untuk lebih banyak belajar. Nah untuk mengatasi hal sekolah saya mengadakan les tambahan yang dinamakan sekolah sore atau les sore di saat mendekati ujian Un tersebut. Kurikulum ini masih berlanjut sampai saya duduk di kelas 1 sma, dan di kelas 2 kurikulum berganti lagi menjadi kurikulum merdeka.
Nah untuk kurikulum merdeka ini saya merasa sangat penasaran dan merasa sedikit terbebani karena pada kurikulum ini siswa diberi kebebasan untuk mengeksplorasi minat dan bakat siswa. Dan kurikulum ini juga lebih berfokus pada projek. Nah projek yang saya lakukan waktu duduk di bangku kelas 2 sma adalah mengolah makanan dari bahan bahan sederhana yang ada di sekitar kita, seperti ubi, labu,dan beberapa buah. Dan untuk pembelajaran seni rupa proyek yang guru perintahkan adalah membuat lukisan dengan gambar bebas dan membuat pameran lukis di sekolah untuk tugas kami tersebut.nah seperti yang saya paparkan di atas yang diaman saya merasa sedikit terbebani di kurikulum ini karena pada pembuatan projek kami mengeluarkan dana yang agak lumayan banyak untuk kantong seorang pelajar. Apabila sekarang saya melihat perkembangan kurikulum di sekolah saya di banding pada zaman saya dulu sudah lebih berkembang dan berjalan dengan baik. Karena adanya kegiatan p5.
- Menurut kalian bagus ga sih pergantian kurikulum?
Menurut saya setiap pergantian kurikulum memiliki manfaat dan tantangan yang perlu dipertimbangkan. Namun pergantian kurikulum ini tetap memiliki dampak positif dan negatif bagi siswa. Perubahan kurikulum ini juga sangat dibutuhkan karena kurikulum perlu menyesuaikan pada perkembangan zaman. Alasan perubahan kurikulum dalam pendidikan biasanya didasarkan pada evaluasi kurikulum yang diterapkan pada kurikulum sebelumnya. Pergantian kurikulum bagus jika disesuaikan dengan zaman dam memperbaiki kualitas pendidikan. Apabila ingin mengganti kurikulum maka harus menyiapkan solusi untuk kendala dari kurikulum yang mungkin akan terjadi. Dan apabila ingin mengganti kurikulum haru melakukan banyak pelatihan dan menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.
- Kalau kurikulum berubah lagi, apa yang harus diperbaiki di kurikulum berikutnya?
Menurut saya yang harus diperbaiki dalam kurikulum berikutnya yaitu:
- Memberikan pelatihan khusus untuk guru sebelum menerapkan kurikulum tersebut. Setiap pendidik harus diberikan pelatihan khusus terkait capaian apa yang harus dituju dalam penerapan kurikulum.
- Melengkapi fasilitas sesuai tujuan kurikulum yang dibuat, agar minat bakat siswa dapat tercapai tentu harus menyiapkan dan melengkapi sarana dan prasarananya.
- Memberikan kesempatan bagi siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam proyek nyata yang relevan dengan kehidupan mereka.