Berikut beberapa langkah yang dapat diadaptasi untuk implementasi CBL dalam pembelajaran fisika:
1. Pemilihan dan Penyajian Kasus:
Guru harus memilih kasus yang relevan dengan materi fisika yang sedang dipelajari dan sesuai dengan tingkat pemahaman siswa. Kasus tersebut sebaiknya:
- Menarik dan relevan: Kasus harus menarik minat siswa dan berhubungan dengan kehidupan sehari-hari atau fenomena alam yang mudah dipahami. Contohnya, kasus tentang bagaimana prinsip Archimedes diterapkan dalam desain kapal selam, atau bagaimana hukum Newton tentang gerak menjelaskan gerakan bola basket.
- Menantang namun dapat dipecahkan: Kasus harus cukup menantang untuk merangsang pemikiran kritis siswa, tetapi tidak terlalu kompleks sehingga siswa merasa frustasi.
- Memiliki informasi yang cukup: Kasus harus menyediakan informasi yang cukup untuk memungkinkan siswa menganalisis dan memecahkan masalah, namun tidak memberikan solusi secara langsung. Guru dapat menyajikan kasus dalam berbagai format, seperti cerita, video, gambar, atau simulasi.