1. Menurut saya, pada pembelajaran Flip Clasroom fungsinya dimana guru dapat menyajikan materi dalam beberapa bagian. Dimana konten belajar dikemas oleh guru dalam bentuk media audio, animasi, dsb yang akan digunakan untuk siswa belajar sebelum pembelajaran dimulai. Ketika pembelajaran di kelas siswa bisa melakukan refleksi guru bisa mengaitkan materi yang akan dipelajari dan siswa bisa bertukar pengalaman dengan siswa yang lain. Guru memantik partisipasi siswa supaya lebih terlibat dalam pembelajaran. Jadi siswa tau apa yang dipelajari dan siswa tau fungsi apa yang dipelajar.
2. Dengan mengintegrasikan elemen permainan, seperti poin, level, dan tantangan, siswa menjadi lebih antusias untuk mengikuti proses belajar. Hal ini tidak hanya membuat materi pelajaran lebih menarik, tetapi juga mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dan berkolaborasi dengan teman-teman mereka. Selain itu, gamifikasi dapat membantu dalam meningkatkan daya ingat dan pemahaman konsep, karena siswa lebih cenderung mengingat informasi yang disajikan dalam konteks yang menyenangkan.