Forum Diskusi 5: Pemahaman Manajemen Resiko

Pentingnya Manajemen Resiko

Pentingnya Manajemen Resiko

by MOCHAMAD RIDWAN ARIFIN -
Number of replies: 0

Manajemen risiko harus menerapkan beberapa tahapan efektif yang harus dilakukan. Tahapan-tahapan dalam manajemen risiko yang dimaksud sebagai berikut.

 

Lingkungan internal (internal environment) berhubungan dengan lingkungan internal perusahaan sehingga struktur organisasi perusahaan, budaya kerja, dan pendelegasian wewenang harus jelas dan tertulis.

Penentuan sasaran (objective setting) bagi perusahaan harus memiliki tujuan yang jelas dari organisasi yang sudah dibentuk sehingga risiko yang mungkin terjadi lebih mudah diidentifikasi, diakses, dan dikelola sesuai tujuan yang telah dibuat.

Identifikasi peristiwa (event identification) dilakukan setelah tujuan organisasi dibuat. Perusahaan juga harus mengidentifikasi kejadian yang berpotensi memengaruhi pencapaian dan strategi dalam kegiatan operasional. Hal yang berisiko memengaruhi tujuan organisasi yang menimbulkan efek positif dan negatif bagi perusahaan.

Penilaian risiko (risk assessment) dilakukan untuk menilai dan mengukur seberapa besar kejadian atau keadaan yang bisa mengganggu pencapaian tujuan.

Tanggapan risiko (risk response) harus dilakukan oleh perusahaan setelah mengetahui hasil dari penilaian risiko tersebut. Perusahaan bisa melakukan beberapa langkah tindakan seperti menerima, memindahkan risiko, mengurangi, dan menghindari risiko sesuai dengan penilai risiko yang telah dibuat.

Aktivitas pengendalian (control activities) harus dilakukan untuk menyusun kebijakan dan prosedur agar manajemen risiko bisa terlaksana secara efektif.

Informasi dan komunikasi (information and communication) juga harus dilakukan untuk menyampaikan informasi yang relevan kepada pihak terkait dengan kualitas informasi yang tepat serta arah dan alat komunikasi yang sesuai prosedur.

Pemantauan (monitoring) harus dilakukan secara konsisten untuk menghindari pelaporan yang tidak lengkap, berlebihan, atau terjadinya kecurangan/pemalsuan data tertentu.