Forum Diskusi

Contoh penerapan PJBL dalam pembelajaran fisika (konsep fluida)

Contoh penerapan PJBL dalam pembelajaran fisika (konsep fluida)

by JESICA RIBY -
Number of replies: 0

Contoh penerapan Project-Based Learning (PBL) untuk konsep fluida adalah melalui proyek desain dan uji alat terapung, misalnya kapal sederhana. Berikut langkah-langkah penerapannya:

 

1. Menentukan Masalah dan Tujuan Pembelajaran:

Saya akan memberikan konteks masalah kepada siswa, misalnya, "Bagaimana merancang alat terapung yang stabil di atas air?" Dengan proyek ini, siswa diharapkan memahami konsep fluida seperti hukum Archimedes, tekanan, dan densitas.

 

2. Perencanaan Proyek:

Siswa akan dibagi dalam kelompok, lalu merencanakan desain alat terapung mereka. Mereka harus mempertimbangkan bentuk, volume, dan bahan yang digunakan. Pada tahap ini, siswa juga akan merumuskan hipotesis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi daya apung dan stabilitas alat.

 

3. Pelaksanaan dan Pengujian Prototipe:

Siswa membangun prototipe alat berdasarkan desain mereka, kemudian mengujinya di air. Mereka akan mencatat apakah alat mereka mampu mengapung dan mempertahankan kestabilan. Siswa juga dapat mencoba berbagai variasi, misalnya menambah beban atau mengubah bentuk alat, untuk memahami bagaimana perubahan ini mempengaruhi daya apung.

 

4. Analisis Data dan Penggunaan Konsep Fisika:

Setelah melakukan pengujian, siswa melakukan analisis data menggunakan konsep hukum Archimedes untuk menghitung gaya angkat yang bekerja pada alat mereka. Mereka juga menghitung tekanan fluida di titik tertentu. Dari sini, siswa dapat mengaitkan pengaruh massa jenis dan bentuk terhadap daya apung.

 

5. Presentasi Hasil dan Evaluasi:  

Setiap kelompok akan mempresentasikan hasil proyek mereka, termasuk penjelasan konsep fisika yang terlibat dan refleksi terhadap proses perancangan. Saya sebagai guru akan memberikan umpan balik, menekankan keberhasilan dan tantangan yang mereka alami.

Melalui proyek ini, siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga memperoleh pengalaman praktis dalam menerapkan konsep fluida. Pembelajaran ini mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan problem-solving karena mereka mengamati, menganalisis, dan memodifikasi alat terapung berdasarkan data yang diperoleh dari pengujian langsung.