Forum Diskusi 5: Pemahaman Manajemen Resiko

JENIS MANAJEMEN RESIKO

JENIS MANAJEMEN RESIKO

by NUROTUL WAFIROH` -
Number of replies: 0

Jenis-Jenis Manajemen Risiko

  1. Manajemen Risiko Operasional merupakan manajemen risiko yang didasarkan pada permasalahan-permasalahan usaha yang diakibatkan oleh faktor internal. Faktor internal tersebut seperti kinerja pegawai yang rendah, sumber daya yang kurang berkualitas, terjadinya bencana, modal tidak sehat, dan lain-lain.
  2. Manajemen Hazard merupakan manajemen risiko yang memiliki fokus terhadap masalah yang potensial membuat perusahaan bangkrut. Terdapat tiga unsur yang diprioritaskan di dalam manajemen ini yaitu hukum, bahaya fisik, dan penurunan moral.
  3. Manajemen resiko strategis merupakan manajemen risiko yang berkaitan dengan pengambilan keputusan. Resiko yang kerap muncul adalah kondisi yang tak terduga yang dapat mengruangi kemampuan pelaku bisnis dalam menjalankan strategi yang telah direncanakan.
  4. Manajemen risisko finansial meruakan manajemen yang fokusnya pada keuangan perusahaan. Tujuan dari manajemen ini adalah supaya sirkulasi keuangan dalam suatu perusahaan tetap sehat dan dapat difungsikan untuk perkembangan usaha ke depannya.