Forum Diskusi 5: Pemahaman Manajemen Resiko

Komponen Manajemen Resiko

Komponen Manajemen Resiko

by MUH. ALAM RIFAI -
Number of replies: 0

Manajemen Risiko adalah segala kegiatan yang dilakukan untuk meminimalisir bahkan mencegah terjadinya risiko perusahaan. ada beberapa komponen penting dalam manajemen resiko, yaitu :

1. lingkungan internal, komponen internal dalam manajemen resiko meliputi, terkait dengan kedisiplinan karyawan, etika bekerja, kompetensi pegawai, tingkat kesejahteraan karyawan dan seterusnya.

2. penentuan sasaran, maksudnya adalah pihak sasaran harus memasukkan sasaran risiko yang jelas yang akan coba diselesaikan melalui sistem manajemen. 

3. identifikasi peristiwa, Maksudnya adalah tidak disebutkan manajemen risiko jika pihak perusahaan tidak memiliki data detail hasil identifikasi peristiwa. Seharusnya ini memang sudah didapatkan sebelum usaha mulai dijalankan.

4. Penilaian Risiko, Memungkinkan sebuah organisasi perusahaan ataupun bisnis untuk menilai sebuah kejadian atau keadaan dan kaitannya dengan pencapaian tujuan perusahaan atau bisnis tersebut.Manajemen perlu melakukan analisis mengenai dampak yang mungkin terjadi akibat resiko dengan 2 perspektif, yaitu : Likelihood (kecenderungan/ peluang) dan Impact/consequence (besaran dari realisasi risiko).

5. Tanggapan Risiko, Selain melakukan penilaian terhadap risiko, juga menentukan tanggapan atau respon terhadap risiko tersebut. Respon dari manajemen tergantung risiko apa yang dihadapi.

6. Aktivitas Pengendalian, Setelah diberikan tanggapan, selajutnya yaitu penyusunan prosedur dan kebijakan yang membantu memastikan bahwa respon terhadap risiko yang dipilih memadai dan terlaksana dengan baik.