Diskusi Pembelajaran 8

Diskusi Pembelajaran 8

Diskusi Pembelajaran 8

by LIDIA DWI SAFITRI -
Number of replies: 0

1. Dengan flipped classrom siswa memliki keesempatan untuk mempelajari materi sesui dengan kesempatan mereka sendiri di luar kelas, jika ada yang sulit dipahami siswa bisa mengulang materi atau mencari sumber tambahan lainnya seperti vidio atau artikel untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Flipped classroom mendorong kolaborasi antar siswa. Dengan lebih banyak waktu untuk berdiskusi dan bekerja sama, siswa dapat saling bertukar ide dan memperjelas konsep-konsep yang masih belum dipahami. Ini juga memungkinkan siswa yang lebih cepat memahami materi untuk membantu teman-teman mereka yang masih kesulitan, menciptakan lingkungan belajar yang saling mendukung

2. Gamifikasi membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik. Elemen permainan seperti poin, lencana, atau peringkat menciptakan rasa tantangan yang menyenangkan. Siswa yang mungkin merasa kurang termotivasi oleh metode pembelajaran tradisional bisa lebih tertarik untuk berpartisipasi aktif ketika ada elemen "kompetisi" atau "hadiah" yang mendorong mereka untuk terus belajar dan berkembang. Pembelajaran yang dihadirkan dalam bentuk permainan atau aktivitas yang menyenangkan dapat mengurangi kebosanan dan stres yang seringkali muncul dalam pembelajaran konvensional. Gamifikasi menciptakan suasana yang lebih ringan dan santai, meskipun materi yang diajarkan mungkin cukup menantang. Ini dapat membantu siswa tetap fokus dan mengurangi kecemasan yang mungkin mereka rasakan saat menghadapi ujian atau tugas sulit.