1. Bisnis Sosial Berbasis Komunitas (Community Based Social Enterprise)
Tipe bisnis sosial ini berorientasi pada pemenuhan kebutuhan komunitasnya sendiri. Contoh penerapan bisnis sosial berbasis komunitas dapat ditemukan pada koperasi, salah satunya pada Koperasi Masyarakat Tunanetra (Komastra) yang mencari keuntungan melalui kegiatan koperasi dimana semua anggota koperasinya merupakan penyandang tunanetra.
2. Bisnis Sosial Nirlaba (Not-for Profit Social Enterprise)
Motivasi bisnis sosial ini umumnya mengatasi persoalan pada masyarakat dengan ruang lingkup yang lebih luas sehingga pengelolaan bisnisnya lebih profesional dengan mempekerjakan tenaga kerja yang kompeten. Model bisnis sosial ini dapat kita temukan pada Greeneration Indonesia, sebuah NGO yang memiliki misi untuk menggerakkan manusia untuk berperilaku ramah lingkungan. Greeneration melakukan kampanye mengenai perilaku ramah lingkungan dan menyediakan produk-produk pendukung gaya ramah lingkungan. Melalui penjualan produk, Greeneration memperoleh keuntungan yang kemudian disalurkan kembali untuk membiayai kampanye perilaku ramah lingkungan kepada publik.
3. Bisnis Sosial Gabungan (Hybrid Social Enterprise)
Bentuk bisnis ini umumnya memiliki sumber dana yang beragam, ada yang diperoleh dari dana sosial, semi-komersial, hingga komersial. Penerapan tipe bisnis sosial ini dapat kita lihat pada Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB). Penerima manfaat program YCAB bervariasi mulai dari anak-anak, remaja, hingga ibu rumah tangga. Sebagai bisnis sosial bertipe hybrid, YCAB memperoleh pendapatan dari penjualan produk hasil unit bisnis, donatur, dan pemberi hibah.
4. Bisnis Sosial Berorientasi Laba
Bisnis sosial tipe ini berorientasi pada pembangunan, pertumbuhan, dan kelancaran operasional perusahaan agar dapat sepenuhnya mandiri tanpa bergantung pada bantuan pihak lain. Tipe bisnis sosial ini dapat kita lihat PT. Kampung Kearifan Indonesia (Javara). Javara melakukan aktivitas bisnis dengan memberdayakan para petani untuk mengangkat dan mempromosikan produk pertanian lokal.