Diskusi Sesi Ke-10

Menjawab pertanyaan diskusi sesi 10

Menjawab pertanyaan diskusi sesi 10

by NURHIKMAH NURHIKMAH -
Number of replies: 0

Integrasi nilai-nilai karakter dalam kegiatan membaca, menulis, dan sastra di SD/MI dapat memperkaya keterampilan berbahasa siswa dengan berbagai cara, di antaranya:

1. Mengaitkan Isi Bacaan dengan Nilai-Nilai Karakter

* Pilih bacaan yang mengandung pesan moral, seperti kejujuran, tanggung jawab, atau kerja sama.

* Setelah membaca, guru dapat mengarahkan siswa untuk menganalisis karakter tokoh dan bagaimana nilai-nilai tersebut diterapkan dalam cerita. Ini membantu siswa memahami pesan cerita sekaligus meningkatkan kemampuan analisis teks.

2. Mengembangkan Kreativitas Melalui Penulisan

* Dalam kegiatan menulis, siswa dapat diminta membuat cerita pendek atau puisi yang menggambarkan nilai-nilai seperti persahabatan atau kepedulian.

Penulisan ini tidak hanya melatih keterampilan berbahasa, tetapi juga membantu siswa merefleksikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

3. Diskusi dan Refleksi Nilai dari Sastra

* Guru dapat mengajak siswa berdiskusi tentang konflik dalam cerita dan solusi yang mencerminkan nilai-nilai karakter.

* Refleksi ini memperkaya keterampilan berbicara siswa, memperdalam pemahaman bahasa, dan mengajarkan empati melalui perspektif tokoh cerita.

4. Drama atau Permainan Peran

Melibatkan siswa dalam drama atau role-playing berdasarkan cerita yang mengandung nilai-nilai karakter. Misalnya, memerankan tokoh yang berani meminta maaf.

Kegiatan ini memperkuat kemampuan berbicara, mendalami makna cerita, dan menginternalisasi nilai-nilai tersebut.

5. Peningkatan Kosakata melalui Konteks Karakter

Memperkenalkan kosakata baru yang berhubungan dengan nilai-nilai karakter, seperti jujur, adil, toleransi, dan memberikan contoh penggunaannya dalam kalimat.

Kosakata ini membantu siswa memperluas penguasaan bahasa sekaligus memahami pentingnya nilai tersebut.

* Contoh Implementasi:

Tema Bacaan: Cerita rakyat seperti "Malin Kundang" (mengajarkan pentingnya menghormati orang tua).

Kegiatan:

1. Membaca cerita bersama.

2. Diskusi kelompok: Apa yang bisa dipelajari dari cerita ini?

3. Menulis surat dari sudut pandang Malin Kundang untuk ibunya (meningkatkan imajinasi dan empati).

4. Drama pendek tentang adegan cerita.

Pendekatan ini mengintegrasikan pengajaran bahasa dengan pembentukan karakter sehingga siswa tidak hanya terampil berbahasa tetapi juga memiliki kepribadian yang lebih baik.