Forum Diskusi 4: Kewirausahaan Sosial

Kegiatan Kewirausahaan Sosial BERINGHARJO.CO.ID

Kegiatan Kewirausahaan Sosial BERINGHARJO.CO.ID

by DINA MILA PRASASTI -
Number of replies: 0

Pada pertengahan tahun 2020, saya mulai mengikuti kegiatan Relawan Digitalisasi UMKM di Pasar Beringharjo Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena ada kurang lebih 5000 pedagang dan 300 buruh gendong yang sangat terdampak dengan adanya pandemi Covid-19 di pasar tersebut. kegiatan yang dilakukan relawan adalah mengkurasi produk, mendata produk, membuat paket produk serta digital branding sebuah produk. hal itu dilakukan, agar produk UMKM pasar yang mungkin selama ini terlihat biasa saja, bisa terlihat lebih layak untuk naik kelas.

Setelah beberapa waktu berjalan, banyak yang mendukung Kegiatan Digitalisasi UMKM di Pasar Beringharjo. dari kegiatan Relawan UMKM tersebut, lalu menjadi sebuah yayasan yang bernama Beringharjo.co.id. Yayasan Beringharjo.co.id berinisitif mendirikan SEMAR School (Smart Traditional Market School), dan ternyata sangat didukung oleh banyak pihak. Pada awalnya kegitan tersebut diadakan dengan peserta adalah pedagang pasar. pada saat kegiatan, materi yang diberikan adalah tentang foto produk, kurasi produk, dan digital branding. Lalu dengan kerja sama Bank Indonesia KPw DI. Yogyakarta dan Bank Mandiri, dilakukan juga penyuluhan tentang QRIS. hal tersbeut menghasilkan kegiatan yakni mengajak Pedagang/Pemilik UMKM di Pasar Beringharjo untuk menggunakan QRIS. hal itu dilakukan untuk meminimalisir penggunaan uang tunai di Pasar Beringjarjo. karena, salah satu perantara persebaran virus adalah Uang tunai. dengan ,enggunakan QRIS, pedagang dan pembeli akan lebih aman dalam bertransaksi.

Kegiatan yang dilakukan yayasan Beirnghajo.co.id tersebut adalah salah satu bentuk kegiatan kewirausahan sosial. dimana penggiat melihat bahwa ada masalah di dalam masyarakat yang harus diselesaikan. masalah tersebut adalah mengenai berkurangnya pengunjung pasar, dan ditemukan solusi dnegan kegiatan digitalisasi UMKM dagangan Pasar.