Forum Diskusi 5: Pemahaman Manajemen Resiko

Pengertian Manajemen Risiko

Pengertian Manajemen Risiko

by HABSY ALIVIA ROHANA -
Number of replies: 2

Manajemen risiko adalah sebuah proses yang ditujukan untuk menganalisa dan membentuk sebuah rencana agar dapat terhindar dari sebuah situasi tidak terduga. Dalam membangun sebuah usaha, tentunya akan ada banyak hal-hal tak terduga yang dapat terjadi dan menyebabkan kerugian untuk perusahaan tersebut. Oleh karena itu, sebuah perusahaan perlu mempunyai langkah-langkah yang tepat dan terukur sehingga segala bentuk risiko yang dapat memberikan dampak buruk bagi perusahaan dapat ditangani dengan baik.

In reply to HABSY ALIVIA ROHANA

Re: Pengertian Manajemen Risiko

by FINNA WENDI SINARA -
Manajemen risiko adalah proses mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, mengendalikan, dan berusaha menghindari, meminimalkan, atau bahkan menghilangkan risiko yang tidak dapat diterima. Dalam hal ini risiko berkaitan dengan pendekatan atau metodologi dalam menghadapi ketidakpastian dalam bisnis.

Dalam KBBI arti kata risiko adalah hasil dari tindakan yang tidak menyenangkan (merugikan, membahayakan). Ketidakpastian ini bisa dalam bentuk ancaman, pengembangan strategi, dan mitigasi risiko.

Dalam suatu perusahaan, manajemen risiko (risk management) adalah proses perencanaan, pengaturan, kepemimpinan, dan mengendalikan kegiatan organisasi untuk meminimalkan risiko pendapatan perusahaan.
In reply to HABSY ALIVIA ROHANA

Re: Pengertian Manajemen Risiko

by Muhammad Faris Nizam -
manajemen risiko sebagai suatu bidang ilmu yang membahas tentang bagaimana suatu organisasi atau perusahaan menerapkan ukuran dalam memetakan berbagai permasalahan yang ada dengan menempatkan berbagai pendekatan manajemen secara komprehensif dan sistematis.