Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

5 Area Pengembangan Diri

5 Area Pengembangan Diri

by DINI PUTRI SARI SIMATUPANG -
Number of replies: 0

1. Mental

Pengembangan diri disini berkaitan dengan perkembangan pikiran. Anda bisa melakukan beberapa aktifitas pengembangan mental, seperti mengikuti kelas belajar, membaca buku, atau menonton tayangan video yang bisa meningkatkan keahlian Anda.

2. Sosial

Kategori ini adalah tentang mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi. Mempelajari bahasa baru, belajar keahlian public speaking, dan berkomitmen untuk melakukan aktifitas mendengarkan secara aktif merupakan jenis-jenis aktifitas untuk meningkatkan aspek sosial dalam pengembangan diri.

3. Spiritual

Pengembangan aspek spiritual bisa berbeda bagi setiap orang. Cara terbaik untuk menggambarkannya adalah melakukan kegiatan yang memberi Anda kedamaian dan membantu Anda terhubung dengan diri Anda sendiri.

4. Emosional

Pengembangan diri di aspek emosional adalah tentang emosi. Banyak dari kita yang mengabaikan sisi emosional saat menghadapi sebuah tantangan. Mengabaikan emosi bukan merupakan perilaku yang sehat. Saat Anda menahan emosi lalu menyingkirkannya, justru malah bisa memperburuk keadaan ketika akhirnya emosi itu meledak.

5. Fisik

Pengembangan diri di aspek fisik adalah tentang diri kita secara utuh, lebih dari hanya sekadar olahraga. Pola makan dan tidur termasuk dalam aspek fisik ini. Contoh aktifitas termasuk olahraga adalah mendapatkan waktu tidur selama 7-9 jam setiap harinya, menyiapkan makanan, atau mengunjungi dokter secara teratur untuk memeriksa kesehatan Anda.