Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

Manfaat Pengembangan Diri di Usia Muda

Manfaat Pengembangan Diri di Usia Muda

by DWI SONYA SIJABAT -
Number of replies: 0

manfaat apa saja yang didapatkan pada saat kita memulai mengembangkan diri di usia muda? 

1. Dapat Mengenal Diri Lebih Dalam. Mencoba mengenal diri merupakan salah satu kunci utama dalam mengembangkan diri. Dimana jika kita tidak mengenal diri sendiri, maka akan sangat tidak mungkin kita bisa mencoba meningkatkan kualitas diri kita. Dengan mengenal diri sendiri, maka kita akan mengetahui hal apa saja yang bisa membuat diri kita puas. Mulai dari hubungan antar manusia, kondisi kehidupan, dan kondisi pekerjaan yang dapat membuat kita senang.

2. Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan pada Diri. Seseorang yang mempelajari manfaat dari pengembangan diri tentunya mempunyai kemampuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada didalam dirinya. Dengan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada, maka hal tersebut dapat membantu kita untuk mencoba memperbaiki pribadi yang kurang dari diri kita. Coba untuk fokus pada kekuatan diri dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi kekurangan diri tersebut dengan hal yang positif. Dengan begitu, kita akan lebih percaya diri untuk berdiri di atas kaki sendiri.

3. Memotivasi Diri. Motivasi pada dasarnya datang dari setiap diri manusia, namun motivasi tidak selalu datang di waktu yang tepat. Terkadang jika kita sedang mengalami kejenuhan pada diri kita, akan sangat sulit untuk mendapatkan motivasi bahkan kita sering menghiraukan perkataan orang-orang sekitar. Tetapi jika kita fokus pada pengembangan diri, kita akan selalu memiliki kemauan saat melihat jalan. Artinya, meskipun dihadapkan pada situasi yang berat, kita akan tetap menghadapinya jika memang hanya jalan itu yang akan membuatmu lebih berkembang.

4. Memiliki Jenjang Kehidupan yang Baik. Saat seseorang menjadi pribadi dengan keterampilan dan kemampuan yang lebih baik, itu artinya kesempatan kita untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik akan semakin besar dan baik untuk pengembangan diri kita sendiri. Dengan melatih diri untuk memiliki keterampilan yang baik maka seseorang akan mendapatkan kesempatan pekerjaan yang baik dan jabatan yang tinggi. Bahkan mendapatkan penghasilan yang tinggi pun menjadi kemungkinan yang terjadi.

5. Memiliki Koneksi Terhadap Orang Lain. Dilain itu semua, pengembangan diri tidak hanya tentang bagaimana cara kita meningkatkan kualitas yang ada pada diri kita namun pengembangan diri juga dapat dikaitkan kepada sikap dan kepribadian saat berhubungan dengan orang lain.