Forum Diskusi 5: Pemahaman Manajemen Resiko

Definisi Manajemen Risiko

Definisi Manajemen Risiko

by Jajang Hermawan -
Number of replies: 2

Secara harfiah, risiko adalah potensi terjadinya sesuatu yang berdampak buruk, baik bagi diri sendiri atau suatu entitas usaha. Dalam konteks bisnis, manajemen risiko adalah usaha guna menghindari risiko dengan cara memonitor sumber risiko, melacak, dan melakukan serangkaian upaya agar dampak risiko bisa diminimalisasi.

In reply to Jajang Hermawan

Re: Definisi Manajemen Risiko

by Nuria Dwi Anggarwati -
Herman Darmawi (2006) menyatakan, manajemen risiko adalah suatu usaha untuk mengetahui, menganalisis, serta mengendalikan risiko dalam setiap kegiatan perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh efektivitas dan efisiensi yang lebih tinggi.

Irham Fahmi (2010) mendefinisikan manajemen risiko sebagai suatu bidang ilmu yang membahas tentang bagaimana suatu organisasi atau perusahaan menerapkan ukuran dalam memetakan berbagai permasalahan yang ada dengan menempatkan berbagai pendekatan manajemen secara komprehensif dan sistematis.
In reply to Nuria Dwi Anggarwati

Re: Definisi Manajemen Risiko

by RANA NABILAH MULYONOPUTRI -
Manajemen risiko didefinisikan oleh Mulyawan (2015) sebagai suatu cara dalam mengorganisasikan suatu risiko yang akan dihadapi, baik sudah diketahui maupun yang belum diketahui atau yang tidak terpikirkan, yaitu dengan memindahkan risiko kepada pihak lain, menghindari risiko, mengurangi efek negatif risiko dan menumpang sebagian atau semua konsekuensi risiko tertentu.

sumber: Mulyawan, S. (2015). Manajemen Risiko.