Forum Diskusi 5: Pemahaman Manajemen Resiko

Pentingnya Manajemen Resiko dalam Perencanaan Proyek Sosial

Pentingnya Manajemen Resiko dalam Perencanaan Proyek Sosial

by RISKA MILENIA JULIANTI -
Number of replies: 1

setiap proyek tentu akan menemui berbagai risikonya tersendiri. sayangnya, risiko ini banyak tidak diketahui sevara pasti baik kejadiannya maupun waktu yang tepat kedatangannya.  namun, jika tidak diantisipasi sedari awal maka risiko-risiko yang kemungkinan terjadi akan berdampak besar pada proyek yang telah direncanakan. maka dari itu, perlu adanya manajemen risiko untuk  meminimalisir setiap kesalahan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan proyek.

Manajemen risiko proyek adalah semua proses sistematis yang meliputi kegiatan merencanakan, mengidentifikasi, menganalisis, dan merespon risiko proyek. Manajemen risiko proyek dilakukan untuk meningkatkan peluang positif dan meminimalisisr peluang negatif atau yang merugikan bagi proyek kita. Dalam penerapannya, manajemen risiko proyek memiliki berbagai proses yang harus dilaksanakan mulai dari perencanaan, identifikasi, analisis kualitatif dan kuantitatif, perencanaan respon risiko, pengendalian, hingga monitoring dan evaluasi dari setiap kegiatan yang telah dilaksanakan.

In reply to RISKA MILENIA JULIANTI

Re: Pentingnya Manajemen Resiko dalam Perencanaan Proyek Sosial

by MAHESA ASRAFKA UTOMO -
Manajemen risiko sangat penting dilakukan untuk melindungi program dari risiko yang menghambat pencapaian tujuan dan berbagai hal yang berpotensi menimbulkan kerugian bagi rogram. Dengan adanya Manajemen risiko dapat meminimalisir kerugian, bahkan mampu kebangkrutan dari program tersebut.