Forum Diskusi Modul Tematik

Manfaat Pola Hidup Sehat dan Kesehatan Lingkungan

Manfaat Pola Hidup Sehat dan Kesehatan Lingkungan

by NENG MIRA MUSTIKA -
Number of replies: 2

Manfaat Pola Hidup Bersih dan dan Sehat adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mau dan mampu menjalankan hidup bersih dan sehat. Hal tersebut menjadi penting untuk dilakukan agar masyarakat sadar dan dapat mencegah serta mengantisipasi atau menanggulangi masalah-masalah kesehatan yang mungkin muncul. Selain itu, dengan menerapkan dan mempraktikkan pola hidup sehat dan kesehatan lingkungan diharapkan masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup. Dalam implementasinya, kebermanfaatan pola hidup sehat dan kesehatan lingkungan ini dapat diterapkan di berbagai area, seperti sekolah, tempat kerja, rumah tangga, dan masyarakat.

In reply to NENG MIRA MUSTIKA

Re: Manfaat Pola Hidup Sehat dan Kesehatan Lingkungan

by WIMA APRIELEONY -
Manfaat dari pola hidup sehat dan kesehatan lingkungan itu sangat banyak. Ketika masyarakat telah mampu melakukan pola hidup sehat maka kualitas kesehatan di Indonesia semakin naik. Dengan adanya pola hidup sehat maka masyarakat akan meminimalisir suatu penyakit. Kebersihan lingkungan pun sangat bermanfaat, lingkungan yang bersih akan membuat masyarakat semakin sehat.
In reply to NENG MIRA MUSTIKA

Re: Manfaat Pola Hidup Sehat dan Kesehatan Lingkungan

by MIFTAHUS SHOBAH -
Ijin menambahkan beberapa manfaat menerapkan pola hidup sehat (Berdasarkan artikel kementerian kesehatan tentang pola hidup sehat dalam keluarga)

1. Mengurangi stress
Pola hidup sehat tidak hanya mempengaruhi kondisi fisik. Dalam otak, terdapat beberapa bagian yang dapat mengatur mood. Dengan mood yang baik, semangat untuk beraktivitas akan meningkat, tidur lebih berkualitas, serta kemampuan untuk fokus terhadap suatu hal pun menjadi lebih baik. Menerapkan pola hidup sehat juga dapat mengurangi tingkat stress.

2. Meningkatkan energi
Pola hidup sehat identik dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta olahraga teratur yang secara langsung dapat membantu peningkatan energi. Olahraga akan membantu melepaskan endorfin. Endorfin, selain dapat membuat perasaan lebih baik, juga dapat membantu meningkatkan energi.

3. Mengurangi resiko terkena penyakit
Menjaga pola makan serta aktif berolahraga merupakan kunci pola hidup sehat. Dengan paduan tersebut, resiko beberapa penyakit, seperti diabetes, jantung, stroke dan hipertensi dapat dihindari.

4. Menjaga produktivitas
Menganut pola hidup sehat akan berdampak pada meningkatnya produktivitas. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Population Health Management pada tahun 2012 menyatakan bahwa mengonsumsi makananan kurang sehat dapat meningkatkan resiko penurunan produktivitas hingga sebesar 66%.

5. Menjaga berat badan tetap stabil
Pola hidup sehat dapat dimulai dengan hal simpel sekalipun, misalnya dengan sarapan pagi untuk membantu proses metabolisme, mengganti makanan yang mengandung gula berlebihan serta soda dengan buah ataupun air putih. Dalam jangka panjang, kebiasaan baik ini akan membawa dampak baik bagi tubuh, yaitu menjaga stabilnya berat badan. Selain berat badan, kesehatan gigi, kulit, serta kuku juga dapat meningkat apabila menjalani pola hidup sehat.