Forum Diskusi 5: Pemahaman Manajemen Resiko

Langkah Tepat untuk mengimplementasikan Manajemen Resiko

Langkah Tepat untuk mengimplementasikan Manajemen Resiko

by ROSANA NABILA KUSNANDY -
Number of replies: 0

A. Mengidentifikasi Risiko

Mengidentifikasi risiko bermanfaat untuk mengenali kemungkinan adanya risiko yang sedang terjadi maupun yang akan terjadi di masa yang akan datang.

B. Membuat Urutan Berdasarkan Kerugian

setelah itu adalah melakukan urutan dan analisa berdasarkan dampak terburuk yang akan terjadi. Disarankan untuk berfokus pada risiko yang terbesar akibatnya dan paling sering dialami. perusahaan bisa mencari dampaknya yang akan terjadi pada owner, karyawan, kelangsungan perusahaan dan lingkungan.

C. Mengontrol Risiko

Tahapan selanjutnya dalam manajemen risiko adalah dengan melakukan aktivitas pengendalian. Proses ini merupakan penyusunan prosedur atau kebijakan yang membantu memastikan bahwa respon terhadap risiko yang dipilih memadai dan terlaksana dengan baik

D. Memantau (Monitoring) dan Meninjau ulang (Review)

Monitoring adalah komponen terakhir dalam manajemen risiko. Proses pemantauan dilakukan secara terus menerus untuk memastikan setiap komponen lainnya berfungsi sebagaimana mestinya. Setelah melakukan identifikasi risiko dan telah menemukan strategi yang diterapkan untuk setiap risiko, kini setiap perusahaan bisa tetap waspada akan segala yang terjadi.