Forum Diskusi 5: Pemahaman Manajemen Resiko

MANAJEMEN RESIKO

MANAJEMEN RESIKO

by KARTIKA DWI CAHYA -
Number of replies: 1

 

Manajemen risiko adalah sebuah proses mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengendalikan ancaman terhadap organisasi ataupun kelompok. Ancaman risiko ini bisa berasal dari berbagai sumber, termasuk sumber daya manusia, kesalahan perencanaan dan pengelolaan, dan bencana alam.

Menurut Herman Darmawi manajemen risiko adalah suatu usaha untuk mengetahui, menganalisis serta mengendalikan risiko dalam setiap kegiatan suatu organiasasi dengan tujuan untuk memperoleh efektifitas dan efisiensi yang lebih tinggi.

manajemen resiko sangat penting dalam sebuah organisasi, karena manajemen resiko merupakan suatu upaya untuk mengendalikan risiko yang terjadi dengan menerapkan cara-cara sistematik agar kerugian dapat dihindari atau diminimalisirkan sehingga tidak terjadi kerugaian besar. 

In reply to KARTIKA DWI CAHYA

Re: MANAJEMEN RESIKO

by HAIRIA HAIRIA -
Menurut Milton C Regan dalam bukunya “Risky Business”, pengertian manajemen risiko adalah penerapan beragam kebijakan dan prosedur untuk meminimalisasi peristiwa yang menurunkan kapasitas dan kualitas kerja perusahaan. Sementara itu menurut Noshworthy, pengertian manajemen risiko adalah usaha mengurangi risiko dalam proses pelaksanaan teknis dan pengambilan keputusan bisnis.

Sederhananya, dapat kita simpulkan bahwa manajemen risiko adalah sebuah proses mengawasi, mengelola, dan mengambil keputusan guna menghindari risiko kerugian atau inefisiensi bisnis.