Forum Diskusi 2: Komunikasi

Misscomunikasi

Misscomunikasi

by CINDY RAWIDIAH -
Number of replies: 2

Bagaimana menyikapi misscomunikasi antara masyarakat dengan pemangku kepentingan dalam masyarakat

In reply to CINDY RAWIDIAH

Re: Misscomunikasi

by RISMA DWIYANTI -
Mohon maaf izin menjawab kalau saya selalu menerapkan 4 hal, karena biasanya saat melaksanakan koordinasi kita harus tepat sasaran secara pemahan supaya tidak menjadi "crush" kedepannya.
Yang pertama mintalah feedback dari lawan bicara untuk memastikan apa yang kita katakan telah ia terima dengan benar. Kita bisa juga meminta mereka mengulangi perkataan kita karena hal ini dapat membuat mereka memproses pesan dengan lebih mendalam.
kedua komunikasikan maksud dan tujuan secara jelas. Lebih baik komunikasikan informasi secara langsung dan to the point agar lebih mudah dipahami. Banyak orang yang masih sering berbicara ‘ke mana-mana’ atau melebar ke topik-topik lain yang tidak penting sehingga sang pendengar akhirnya malah kebingungan karena tak tahu ujung-pangkalnya.
ketiga kita harus memahami pesan yang disampaikan dengan memperhatikan keempat channel yang sudah dibahas. Selalu perhatikan lawan bicara dengan seksama agar kita bisa mengatahui apa meta dari pesan yang mereka sampaikan. Bila kita menggunakan media perantara seperti aplikasi chatting, coba perhatikan emoji yang dipakai. Bisa juga kita menelepon lawan bicara tersebut apabila perlu melakukan klarifikasi satu hal yang penting.
Terakhir, jangan pernah ragu atau malu untuk bertanya bila ada hal yang terasa mengganjal. Dalam berkomunikasi idealnya semua pihak bersikap aktif sehingga pembicaraan bersifat interaktif. Bila hanya ada satu orang yang terus berbicara dan pihak satunya tidak memberi respon maka miskomunikasi dapat sangat mudah terjadi.
Kurang lebihnya begitu mba