Forum Diskusi Modul Tematik

menerapkan pola hidup sehat di masyarakat

menerapkan pola hidup sehat di masyarakat

by Muhammad Alfi Supyan -
Number of replies: 1

saat ini, pandemi virus korona telah melanda berbagai negara di belahan dunia, termasuk indonesia. jumlah orang terinfeksi virus korona terus meningkat. hingga tulisan ini dibuat, jumlah pasien positif koronatelah mencapai lebih 2 juta orang. sampai detik ni, belum ada vaksin ataupun obat yang terbukti efektif mengobati masyarakat. dimana banyak dari masyarakat yang merasa was wasda cemas terhadap perkembangan terhadap virus ini.

merasa khawatir akan kesehatan diri sendiri dan keluarga di tengah pandemi ini merupakan hal yang wajar, namun ada baiknya ketika merasa khawatir cobalah untuk mengingat bahwa penularan covid 19 sebenarnya dapt di cegah aslkan anda dan keluarga pro aktif dalam menerapkan gaya hidup bersih dan sehat. menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat adlah awal yang di anjurkan oleh organisasi kesehatan dunia (who) dan kementrian kesehatan untuk mencegah covid 19.

semenjak kemunculan virus korona ini sekitar bulan februari 2020 di indonesia, pemerintah telah menginsruksikan beberapa kebijakan yang bisa ditempuh oleh masyarakat untuk mencegah virus iini, pemerintah daerah gencar melakukan aksi kampanye sosial pencegahan virus korona.

walaupun, usahausaha sosialisai telah banyak dilakukan, belum banyak juga msyarakat yang menerapkan perilaku hidup bersih dan seahat yang benar misalnya gerakan cuci tangan. banyak yang belum benar benar paham sebagaimana mencuci tangan yang benar tidak sekedar "membasahi" air dan tangan untuk itu perlu disampaikan kembali cara cara untuk menerapkan pola perilaku bersih dan sehat selama masa pandemi untuk mencegah virus korona berkembang secara massif.

berikut adalah ada sejumlah langkah sederhana yang bisa rutin dilakukan oleh msing masing individu hingga lingkungan sekitar rumah untukmencegah corona. strategi pertama adalah rajin mencuci tangan dengan menggunkan air mengalir yang bersih dan sabun. mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunkan air dan sabun untuk membersihkan dan memutuskan raniat kuman. adapun langkah langkah mencuci tangan yang bnar adalah bersihkan punggung tangan, sela selajari, telapak, kuku hingga pergelangan tangan selama 20 detik.

Strategi kedua adalah menerapkan etika batuk dan bersin dengan menutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan baju. Seperti hal lainnya batuk dan bersin juga memiliki etika, banyak orang yang belum paham bagaimana melakukan etika batuk dan bersih secara benar.  Kebanyakan orang malah menutup mulut dan hidungnya dengan telapak tangan, meskipun tujuannya baik namun hal ini belum tentu benar, karena kuman dapat berpindah ket angan dan menyebar tanpa kita sadari melalui sentuhan atau bersalaman. Adapun etika  batuk dan bersin dan bersin adalah sebagai berikut. a) Tutup mulut dan hidung menggunakan tisu atau lengan baju anda bila batuk atau bersin; b) Buang tisu yang sudah digunakan  ke tempat sampah; c)  Cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun atau memakai hand sanitizer setelahnya; d) Saat anda flu atau batuk gunakan masker agar orang lain tidak tertular. Tidak meletakkan masker bekas dipakai pada leher  karena bisa menyebar kembali  virus dan bakteri ketika digunakan kembali.

Strategi ketiga membiasakan pola makan sehat dan gizi seimbang. Makanan yang sehat artinya makanan yang kaya  yang kaya akan serat dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh. Makanan dengan gizi seimbang artinya dalam mengkonsumsi menu makanan sehari-hari, makanan yang kita konsumsi mengandung komponen gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sesuai dengan porsi kebutuhan gizi.

Sangat penting juga untuk menghindari makanan olahan serta memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Buah dipercaya banyak mengandung vitamin sedangkan sayur banyak mengandung serat dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Bagi anda yang saat ini masih kurang asupan makanan, disarankan untuk menambah konsumsi sayur dan buah. Sayur atau buah yang dapat anda konsumsi dapat jenis apa saja, tergantung selera anda. Buah dipercaya banyak mengandung vitamin, sedangkan sayur banyak mengandung serat dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Strategi keempat adalah melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari. Rutin berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Usahakan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit sehari. Hal ini akan memberikan dampak yang luar biasa bagi imunitas tubuh kita dan juga berguna untuk melawan infeksi yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh kita. Olahraga yang dapat kita lakukan juga olahraga yang jenisnya sederhana dan Anda dapat melakukan beberapa olahraga yang Anda sukai, seperti jogging, melakukan yoga, Zumba, dan pilates. Anda dapat mengunduh video dari YouTube dan melakukan latihan di rumah. Salah satu hannel Youtube yang bisa anda gunakan adalah “Boho Beautiful”. Channel ini berisi tentang latihan yoga dan pilates yang bisa dilakukan di rumah.

Strategi kelima adalah istirahat yang cukup. Seseorang yang mempunyai kebiasaan kurang tidur akan lebih mudah mengalami penurunan imunitas tubuh. Untuk itu semua orang disarankan untuk tidur cukup sehingga waktu tidur anda juga lebih berkualitas dan tentunya menyehatkan tubuh anda. Tidur sedikitnya 7-8 jam dalam sehari untuk orang dewasa, dan 9-10 jam sehari untuk remaja, merupakan salah satu cara yang dapat anda terapkan agar tubuh tetap sehat. Dengan demikian, sangat disarankan untuk menghindari begadang dan tetap menjaga ritme pekerjaan selama masa pandemi.

Strategi keenam adalah menjaga kesehatan mental. Disamping menjaga kesehatan fisik, penting juga untuk menjaga kesehatan mental kita. Hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi membaca atau berita yang belum tentu benar terkait virus korona. Kita bisa mengalihkan perhatian kita dengan melakukan beberapa aktivitas lain, misalnya mencoba hobi atau keterampilan baru (berkebun, memasak, menjahit, mengikuti kelas online untuk pengembangan diri, dan lain-lain). Kita berusaha menggali kebaikan dari korona virus yang diberikan kepada kita. Kita bisa menuliskannya melalui “jurnal syukur” yang bisa diinstal di media playstore. Kegiatan ini dipercaya bisa meningkatkan hormone endorphin. Ketika hormone ini meningkat, imun tubuh pun meningkat.

Strategi ketujuh adalah segera berobat jika sakit. Jika merasa tidak sehat seperti demam 38 derajat celcius atau lebih dan batuk pilek sebaiknya istirahat dirumah. Jika masih ada keluhan misalnya kesulitan bernafas segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan. Tidak perlu panik, jaga jarak  aman dan jaga kesehatan semoga pendemi covid-19 segera berlalu.

Kita tidak tahu kapan korona virus ini berhenti menghantui kita. Tetapi, dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat seperti yang disebutkan di atas, niscaya kita bisa hidup berdamai dengan korona virus, dan niscaya kita bisa ikut berperan serta aktif untuk memutus penyeberana korona virus. Dengan demikian, kasus korona virus bisa terus menurun hingga hilang dari bumi ini. Mari bersama-sama melakukan hal sederhana dari rumah demi kesehatan dan kebaikan bersama.

In reply to Muhammad Alfi Supyan

Re: menerapkan pola hidup sehat di masyarakat

by MELIDHA ALFIRA S -
penerapan pola hidup sehat dalam lingkup masyarakat umum, dapat dimulai dari sekiranya terdapat kamar mandi umum / WC Umum biasakan untuk tidak sembarangan dan selalu bersikap bersih (tidak seenak-enaknya), dan dalam hal kecil seperti membuang sampah / memungut sampah lalu menempatkan pada tempatnya (tong sampah terdekat)