Forum Diskusi 8: Kerja Kelompok

Skill yang harus dikuasi di Teamwork

Skill yang harus dikuasi di Teamwork

by KHOFIFAH RIFDAH PANE -
Number of replies: 1

 1. Komunikasi Dalam Tim

Dilansir dari laman resmi The Ohio States University, bentuk komunikasi yang baik mampu meningkatkan efisiensi teamwork dan juga mampu meningkatkan kualitas kerja. Dalam hal ini, setiap individu dalam tim harus mampu memiliki komunikasi yang baik secara lisan ataupun tulisan.

 

2. Tanggung Jawab

Dikutip dari laman Beyond the Boardroom, mendistribusikan tanggung jawab pada tiap anggota akan secara efektif meningkatkan teamwork.

 

Dari hal tersebut, nantinya akan timbul rasa untuk bisa membuktikan yang terbaik pada tiap individu, sehingga perusahaan bisa mencapai keberhasilannya dengan lancar.

 

3. Kejujuran Antar Rekan Kerja

Unsur yang paling penting dalam teamwork adalah kejujuran. Oleh karena itu, setiap anggota tim harus bisa jujur. Setiap ketidaknyamanan harus bisa didiskusikan secara transparan. Jadi, apapun yang sudah terjadi, maka semuanya harus bisa dikomunikasikan dengan jelas demi teamwork yang lebih baik.

 

4. Mendengarkan dengan Baik

Setiap wujud diskusi yang terjadi harus dilakukan secara dua arah. Setiap anggota tim harus bisa menjadi pihak yang saling mendengarkan dan berbicara. Hal ini juga berlaku untuk diskusi hal lain di luar pekerjaan, karena bisa jadi hal tersebut menyangkut rasa nyaman pekerjaan.

 

5. Empati Terhadap Anggota Tim

Setiap anggota tim harus bisa memahami perasaan dan tindakan rekan kerjanya. Sehingga, nantinya akan dipahami metode pendekatan yang paling baik untuk melahirkan suatu teamwork yang kompak.

 

6 Kolaborasi Ide

Dalam suatu pekerjaan, setiap individu tidak boleh egois. Dalam hal ini, setiap individu harus memahami maksud, ide, dan saran yang diutarakan oleh rekan kerjanya.

 

7. Saling Menghargai

Hal penting lainnya yang diperlukan untuk melahirkan teamwork yang baik dalam suatu divisi adalah dengan memiliki sifat saling menghargai, terutama ketika sedang mengutarakan suatu opini.

 

Jika ada satu saja individu yang tidak mampu menghargai apa yang diutarakan oleh rekan lainnya, maka akibatnya adalah menurunnya tingkat kepercayaan antar tiap anggota, dan akhirnya teamwork pun tidak akan solid.

 

8. Rendah Diri

Dalam hal ini, setiap anggota harus memiliki rasa rendah diri dan jangan memiliki perasaan yang paling baik diantara anggota yang lainnya. Suatu tim dibentuk agar bisa saling bekerjasama dan bersinergi, bukan sebagai bentuk saling memamerkan kemampuan dirinya.

 

9. Semangat Teamwork

Seperti yang kita ketahui, setiap manusia terlahir untuk bisa hidup secara bersosialisasi dengan manusia lainnya. Di dalam suatu perusahaan pun tidak akan ada karyawan yang bisa bekerja tanpa mengandalkan orang lain.

 

Walaupun beberapa karyawan ada yang bisa menghasilkan karya yang baik dengan bekerja dan berpikir sendiri, tapi mereka tidak akan merasa senang karena hanya dirinya sendirilah yang sukses.

 

10. Sabar

Saat ada anggota tim yang melakukan suatu kesalahan, maka anggota lainnya disarankan untuk tidak menghakimi atau menegurnya tanpa memberikan penjelasan. Perlu diketahui bahwa tentunya setiap orang akan melakukan kesalahan. Untuk itu, terimalah kesalahan tersebut dan berikan penjelasan secara tegas tanpa harus memperpanjang masalah.

In reply to KHOFIFAH RIFDAH PANE

Re: Skill yang harus dikuasi di Teamwork

by NAUFAL FA'IQ NURZAKI -
Membangun tim yang efektif sebagai berikut
1. Fokus
2. Peran dan Tanggung Jawab
3. Tetapkan Tujuan
4. Bagikan Informasi Secara Terbuka
5. Beri Kesempatan Kepada Anggota Tim untuk Menyampaikan Pendapat