How Bacteriphage Save a Live

How Bacteriphage Save a Live

How Bacteriphage Save a Live

by MOCHAMMAD IQBAL -
Number of replies: 6

silahkan di sini ya, diskusinya.

In reply to MOCHAMMAD IQBAL

Re: How Bacteriphage Save a Live

by Diana Pretty Auliyassilmy -
Awalnya, pengobatan penyakit akibat infeksi bakteri hanya mengadalkan antibiotik saja. Akan tetapi, lama kelamaan bakteri bisa bersifat resistant terhadap berbagai macam antibiotik. Phage merupakan virus kecil yang keberadaannya ada di mana-mana dengan kemampuan untuk menginfeksi bakteri. Sebagai musuh alami bakteri, phage dapat dijadikan sebagai metode pengobatan terapi phage untuk infeksi akibat bakteri. Selain itu, organisme ini dapat dijadikan sebagai agen terapeutik untuk pasien penderita penyakit infeksi akibat bakteri yang sulit diobati, seperti pancreatic pseudocyst akibat bakteri Acinetobacter. Seiring perkembangan zaman, terapi phage dapat menjadi alternatif untuk berbagai pengobatan penyakit akibat infeksi bakteri lainnya.
In reply to MOCHAMMAD IQBAL

Re: How Bacteriphage Save a Live

by Hanifah Syafa'ati -
Dari video yang telah diberikan, menurut pendapat saya Terapi Bakteriofag ini bisa digunakan sebagai pilihan alternatif untuk menyembuhkan infeksi bakteri selain menggunakan antibiotik. Terapi bakteriofag bagi tubuh manusia cukup ideal karena hanya menyerang bakteri inangnya saja dan bukan sel-sel dalam tubuh manusia. Seperti kasus dalam video tersebut, bahwa seorang bernama Tom menderita sakit perut dan tidak bisa makan (kasus keracunan makanan) kemudian mempunyai penyakit pankreatitis karena adaya bakteri Acinetobacter baumanni , dimana bakteri ini tergolong bakteri kekal dari antibiotik. Kemudian dirawat dirumah sakit dan melakukan terapi fag, dan akhirnya sembuh dari penyakitnya setelah menjalani terapi fag ini.
Hal ini dapat kita simpulkan bahwa Terapi fag dapat dijadikan untuk pengobatan alternatif ketika pengobatan infeksi bakteri dengan cara pemberian antibiotik tidak dapat membuahkan hasil.
In reply to MOCHAMMAD IQBAL

Re: How Bacteriphage Save a Live

by Berlian Nafisa Damayanti -
Seperti yang diketahui, dahulu pengobatan akibat infeksi bakteri dilakukan dengan memberikan antibiotik saja. Tetapi, dikarenakan sifat bakteri yang mampu kebal terhadap antibiotik (resisten) menyebabkan pengobatan dengan antibitok tidak lagi efektif. Kemudian, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan maka ditemukanlah Phage terapy. Phage terapy menjadi salah satu alternatif pengobatan dengan menerapkan konsep bacteriophage yang terus berkembang dan dapat terus dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satu contoh keberhasilan phage terapy ini terjadi pada seorang pasien yang terkena pseudokista pankreas, yaitu penumpukan cairan pankreas yang dapat disebabkan oleh infeksi bakteri Acinetobacter.
In reply to MOCHAMMAD IQBAL

Re: How Bacteriphage Save a Live

by safira dwi atika -
terapi fag sendiri menurut saya adalah metode pengobatan terinveksi bakteri alternatif dapat juga menjadi pengganti dari anti biotik yang dimana baketriofag sendiri merupakan virus yang dapat menginfeksi bakteri, dengan cara Fag menyuntikkan genomnya ke dalam sel bakteri saja, hal tersebut cukup efektif untuk menyembuhkan infeksi yang diderita pasien, seperti apa yang ada pada video yang dimana Tom mengalami sakit perut dan diklaim tidak bisa makan lalu sakitnya menjalar hingga kepunggung kemungkinan Tom mempunyai penyakit pankreatitis dan selanjutnya di diagnosa dengan pseudokista pankreas yang disi dengan bakteri yang disebut Acinetobacter , lalu dirawat dirumah sakit untuk menjalani terapi fag tersebut dan akhirnya sembuh, pada kasus tersebut terapi fag ini cukup ampuh dan menjadi alternatif dari cara kerja antibiotik biasanya dan terapi fag sendiri masih berkembang pada negara AS saja karena belum berkembang luas pada negara lain.
In reply to MOCHAMMAD IQBAL

Re: How Bacteriphage Save a Live

by Ana Rosyidah -
terapi bakteriofag merupakan pengobatan yang menjanjikan namun untuk saat ini belum mendapatkan izin FDA. pada awal abad 20an uni soviet banyak melakukan penelitian terapi bakteriofag namun dibarat kurang tretarik karena antibiotik mulai muncul dan orang orang berfikir bahwa antibiotik dapat menyelesaikan permasalahan kesehatan yang diakibatkan infeksi. tidak beruntungnya ternyata antibiotik dapat menyebabkab bakteri bersifat resisten maka dari itulah terapi bakteriofag dibutuhkan. terapi bakteriofag memanfaatkan sifat alami fag yang merupakan 'predator' dari bakteri
In reply to MOCHAMMAD IQBAL

Re: How Bacteriphage Save a Live

by Viva Imaniar -
Menurut saya, dari video yang telah ditayangkan dapat diketahui bagaimana bakteriofag dapat menyelamatkan kehidupan merupakan hal yang luar biasa. Dimana pada beberapa kasus tertentu, penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan sudah mendapatkan penanganan antibiotik tidak dapat semudah itu untuk disembuhkan. Antibiotik tradisional belum benar-benar membuat kemajuan terhadap kesembuhan karena bakteri dapat cepat bermutasi dan kebal terhadap antibiotik. Namun, adanya bakteriofag ini membawa harapan baru bagi pasien-pasien tersebut, walaupun dibeberapa wilayah pengembangan terapi ini belum banyak diminati dan bahkan belum dikembangkan. Terapi bakteriofag menjadi sangat memungkinkan untuk dikembangkan karenanya penggunaan fag virus atau bakteriofag untuk mengobati infeksi bakteri patogen ini bekerja jauh lebih spesifik dibandingkan antibiotik, cara kerja fag virus ini juga memukau dimana virus-virus kecil itu mengelilingi bakteri, menyerang dan memakan bakteri. Selain itu, penggunaannya aman untuk organisme inang (manusia) maupun untuk bakteri menguntungkan didalam tubuh inang, sehingga agen terapi ini hanya bekerja spesifik pada bakteri penyebab infeksi saja. Kerja spesifik dari agen terapi ini juga berjalan maksimal karena adanya bantuan teknologi atau alat molekuler yang canggih sehingga genom yang disuntikkan oleh fag ke dalam sel bakteri bisa sesuai, namun itu juga menjadi salah satu kekurangan dari terapi ini yakni membutuhkan biaya yang mahal sehingga harapannya adalah adanya pengembangan dan penelitian yang dapat memungkinkan terapi ini menjadi lebih murah/ mudah dijangkau sehingga manfaatnya dapat lebih banyak dalam menyelamatkan nyawa dan masa depan kedokteran