What do you think about One Health?

one health

one health

by IQRAM MAULANA PUTRA -
Number of replies: 9

one health menurut saya merupakan pendekatan yang sangat kompleks karena pendekatan ini memuat 3 komponen penting dalam kehidupan yakni manusia,hewan dan lingkungan. 

In reply to IQRAM MAULANA PUTRA

Re: one health

by Enny Erawati Situmorang -
Menurut pendapat saya, (OH) One Health merupakan sebuah pendekatan yang memiliki cakupan yang sangat luas. Cakupan tersebut mengarah pada berbagai macam langkah untuk menyatukan berbagai institusi, kelembagaan, dan lintas sektoral dalam mencegah dan menanggulangi penyakit. Inti pendekatan One Health adalah berfokus pada penerapan koordinasi, kolaborasi, kooperasi dan komunikasi (4K). Pendekatan ini, digunakan sebagai pondasi awal untuk menghadapi tantangan yang kompleks pada titik pertemuan antara hewan, manusia, dan lingkungan termasuk penyakit darurat pandemi, krisis pangan global, dan perubahan iklim.
In reply to IQRAM MAULANA PUTRA

Re: one health

by Wahyuningtyas Putri -
Menurut saya, One Health adalah sebuah pendekatan mengenai kesatuan dari kesehatan manusia, hewan, dan ekosistem secara berkelanjutan. One Health menyatakan bahwa kesehatan manusia, hewan, dan ekosistem memiliki hubungan yang berkesinambungan dan saling bergantung satu sama lain. Maka dari itu, One Health mencakup multisektoral dan membutuhkan kolaborasi lintas sektoral dalam upaya penanganannya. Dengan One Health, dapat lebih efisien dalam menganalisis risiko, timbal balik, dan peluang untuk membuat sebuah solusi yang merata dan holistik.
In reply to Wahyuningtyas Putri

Re: one health

by Khanza Nur Padma Arriya -
Saya setuju dengan pendapat Wahyuningtyas bahwa dengan One Health dapat dilakukan analisis risiko, seperti dalam rangka pengurangan risiko endemi dan pandemi akibat zoonosis, serta penyakit lainnya yang berhubungan dengan lingkungan dan manusia. Pendekatan ini juga menghasilkan solusi yang lebih baik dan efektif karena berbagai pihak lintas sektor turut andil dan berkolaborasi bersama dalam menangani masalah kesehatan.
In reply to IQRAM MAULANA PUTRA

Re: one health

by SABRINA SITA THEODORA SEMBIRING -
Berdasarkan yang telah saya ketahui One Health (OH) merupakan salah satu upaya pendekatan/metode dalam kesehatan masyarakat. Pendekatan ini bertujuan untuk menilik kesehatan manusia, hewan dan ekosistem. Biasanya OH mengindetifikasi sebab dan akibat penyakit tular hewan kepada manusia dan ekosistem begitu sebaliknya. One health juga bertujuan untuk mengantisipasi potensi outbreak penyakit zoonis, menyeimbangkan dan mengoptimalkan kesehatan masyarakat, hewan dan ekosistem secara berkelanjutan. Pendekatan ini akan mencari cara untuk memulihkan keadaan jika outbreak terjadi. OH membutuhkan kolaborasi baik dibidang kesehatan, pendidikan, pemerintah, masyarakat, organisasi dalam maupun luar negeri dan berbagai sektoral. 
In reply to IQRAM MAULANA PUTRA

Re: one health

by FREDELLA SYLVANIA AURELIA -
Ketika mendengar kata One Health yang pertama terlintas di pikiran saya adalah 'one' yang artinya satu atau bersatu dan 'health' yang artinya sehat atau lebih rincinya merupakan kolaborasi dari berbagai sektor, komunitas, dan juga disiplin ilmu untuk berkerja sama dan bersatu dalam upaya mengoptimalkan kesehatan. Kesehatan yang dimaksud tidak hanya manusia melainkan juga mencakup hewan dan lingkungan. Oleh karenanya konsep One Health sangat penting untuk diedukasikan dan diterapkan ke masyarakat dalam mencegah dan menghadapi tantangan seperti pandemi yang tengah terjadi sekarang ini.
In reply to IQRAM MAULANA PUTRA

Re: one health

by Novelia Ramadhani Putri Gusman -
Saya setuju dengan pendapat teman-teman, bahwa konsep one health merupakan suatu konsep yang penting untuk menghubungkan kesehatan manusia, hewan, dan, lingkungan menjadi satu kesatuan. Masalah yang sering kita hadapi yaitu dengan mengatasi permasalahan manusia dengan konsep manusia, begitu juga dengan hewan . Padahal untuk mengatasi penyakit zoonist atau penyakit yang disebabkan faktor biologis, kita perlu melakukan pendekatan dari beberapa sektor.
In reply to IQRAM MAULANA PUTRA

Re: one health

by BERYL AKHMARIZA WISNU -
One Health dalam pandangan saya adalah sebuah pendekatan yang sangat vital dalam menjalani globalisasi, dimana globalisasi juga membuat seluruh isi bumi kian terhubung. Bukan hanya antar manusia, tetapi manusia dengan alam dan sebaliknya. keterhubungan ini yang kemudian membawa pengaruh-pengaruh baru kepada keduanya, tak terkecuali pengaruh negatif seperti penyakit-penyakit baru atau bahkan penyakit lama yang muncul kembali. One Health dengan pendekatan-pendekatannya tampak menjadi jawaban kecil dengan dampak yang besar terhadap permasalahan tersebut. Kolaborasi, sinergisitas yang diusung oleh One Health menurut saya adalah sebuah "Modern solution for Modern Problem" dengan mempertemukan aspek manusia, hewan, dan lingkungannya.
In reply to IQRAM MAULANA PUTRA

Re: one health

by Novelia Sinta Rahmawati -
Dengan berkembangnya teknologi tentu akan memudahkan kita dalam berkegiatan sehari-hari, namun hal ini juga dapat menimbulkan efek negatif, yaitu mudahnya terjadi transmisi penyakit baik antar manusia, antar binatang, maupun antar manusia dan binatang. Maka dari itu, untuk dapat mencegah maupun mengatasinya perlu adanya penerapan konsep One Health yang membutuhkan kerjasama antar bidang dalam berbagai sektor.
In reply to IQRAM MAULANA PUTRA

Re: one health

by Khanza Nur Padma Arriya -
One Health menjadi sebuah jawaban atas kehidupan di dunia yang tidak lagi terbatasi oleh jarak, ditambah lagi dengan semakin meningkatnya globalisasi, teknologi, dan mobilisasi penduduk. Pendekatan ini memerhatikan berbagai aspek sebagai langkah untuk mewujudkan kesehatan bagi seluruh makhluk hidup tanpa terkecuali. Tidak hanya fokus kepada kesehatan hewan, manusia, dan lingkungan, namun juga variabel lainnya seperti kebijakan, keadaan, politik, dan lainnya yang saling berpengaruh satu sama lain. Menurut saya, sangat penting untuk saling berkolaborasi dengan menggunakan disiplin ilmunya masing-masing dengan berorientasi kepada tujuan yang sama dan demi kepentingan berbagai aspek.