Forum Diskusi

Perbedaan human capital dan human resource pada penerapan di UMKM

Perbedaan human capital dan human resource pada penerapan di UMKM

by RICKY SOON -
Number of replies: 0

Menurut saya, Human capital adalah pengembangan pada pengetahuan dan keterampilan dari seorang pelaku kegiatan UMKM, dengan fokus pada pelatihan dan pengembangan pelaku kegiatan UMKM. 

Contoh penerapan human capital di UMKM adalah melalui pelatihan karyawan untuk meningkatkan produktivitas, mengembangkan keahlian khusus yang dibutuhkan dalam bisnis, dan memanfaatkan pengetahuan pemilik bisnis untuk inovasi dan peningkatan proses.

Sedangkan Human resource adalah pengelolaan/manajemen yang berkaitan dengan tenaga kerja dalam kegiatan UMKM, termasuk rekrutmen, administrasi, kepatuhan hukum, dan peraturan internal yang berhubungan dengan tenaga kerja.

Contoh penerapan human resource di UMKM melibatkan pengaturan jadwal kerja, mengelola benefit karyawan, menangani perizinan, dan memastikan pematuhan terhadap peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.

Jadi, untuk sukses dalam UMKM, pemilik bisnis harus memahami perbedaan antara human capital dan human resource, serta bagaimana menggabungkan keduanya secara efektif. Membangun human capital yang bagus akan meningkatkan produktivitas dan inovasi, sementara manajemen human resource yang baik akan memastikan keteraturan dan kepatuhan dalam pengelolaan tenaga kerja. pergabungan kedua aspek ini akan membantu kegiatan UMKM untuk tumbuh dan berkembang.