Topic outline

  • General

  • Pertemuan 1 : Kontrak Belajar

    Capaian pembelajaran pada pertemuan 1 yaituMahasiswa mampu menjelaskan konsep, dinamika dan perkembangan human capital developmend. 

    Indikator 

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan memberikan feedback kontrak belajar
    2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep human capital development dan human resource management

    Isi dari pertemuan pertama terdapat

    1. Video deskripsi 
    2. Modul Digital Pembelajaran 
    3. Materi Power Point 
    4. Referensi tambahan dari Youtube dengan judul Perkenalan Human Capital Development 
    5. Studi kasus bersumber dari penelitian jurnal nasional 
    6. Forum Diskusi yang wajib diisi, sebagi ukuran pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan.

    SELAMAT BELAJAR 

  • Pertemuan 2 : Konsep Dasar Human Capital Development

    Capaian pembelajaran pada pertemuan 2 yaitu Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, dinamika dan perkembangan human capital development

    Indikator : Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen sumber daya manusia

    Isi dari pertemuan kedua terdapat

    1. Video deskripsi 
    2. Modul Digital Pembelajaran 
    3. Materi Power Point 
    4. Referensi tambahan dari Youtube dengan judul HCDP (Human Capital Development Program) 
    5. Studi kasus bersumber dari penelitian jurnal nasional 
    6. Kuis
    7. Forum Diskusi yang wajib diisi, sebagi ukuran pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan.

    SELAMAT BELAJAR 

  • Pertemuan 3 : Talent Management

    Capaian pembelajaran pada pertemuan 3 yaitu Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, dinamika dan perkembangan human capital development

    IndikatorMahasiswa mampu mempresentasikan dan menejelaskan  perkembangan manajemen sumber daya manusia

    Isi dari pertemuan ketiga terdapat

    1. Video deskripsi 
    2. Modul Digital Pembelajaran 
    3. Materi Power Point 
    4. Referensi tambahan dari Youtube dengan judul What is Talent Management, Definition, Process and Strategy 
    5. Referensi Tambahan dengan judul Talent Managemetn Series, 9 Langkah Proses Manajemene Talenta Bagi Perusahaan Anda 
    6. Studi kasus bersumber dari penelitian jurnal nasional 
    7. Forum Diskusi yang wajib diisi, sebagi ukuran pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan
    8. Pengumpulan Video Presentasi 
  • Pertemuan 4 : Analisa Jabatan

    Capaian pembelajaran pada pertemuan 4  yaitu : Mahasiswa mampu menjelaskan konsep analisis pekerjaan 

    Indikator capaianMahasiswa mampu menyusun analisis pekerjaan pada ide bisnis atau bisnis yang dijalankan 

    Isi dari pertemuan keempat terdapat

    1. Video deskripsi 
    2. Modul Digital Pembelajaran 
    3. Materi Power Point 
    4. Referensi tambahan dari Youtube 
    5. Studi kasus bersumber dari penelitian jurnal nasional 
    6. Kuis
    7. Forum Diskusi yang wajib diisi, sebagi ukuran pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan.

    SELAMAT BELAJAR 

  • Pertemuan 5 : Perencanaan SDM

    Capaian pembelajaran pada pertemuan 5  yaitu Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep perencanaan Sumber Daya Manusia pada organisasi atau perusahaan 

    Indikator capaian : Mahasiswa mampu mengidentifikasi tantangan, hambatan dan menyusun perencanaan Sumber Daya Manusia pada organsiasi atau perusahaan

    Isi dari pertemuan kelima terdapat

    1. Video deskripsi 
    2. Modul Digital Pembelajaran 
    3. Materi Power Point 
    4. Referensi tambahan dari Youtube 
    5. Studi kasus bersumber dari penelitian jurnal nasional 
    6. Kuis
    7. Forum Diskusi yang wajib diisi, sebagi ukuran pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan.

    SELAMAT BELAJAR

  • Pertemuan 6 : Rekruitmen SDM

    Capaian pembelajaran pada pertemuan 6 yaitu : Mahasiswa mampu memahami konsep rekruitmen dan seleksi karyawan

    Indikator capaian : Mahasiswa mampu menjelaskan dan membuat perencanaan alur proses rekruitmen dan seleksi karyawan

    Isi dari pertemuan keenam terdapat

    1. Video deskripsi 
    2. Modul Digital Pembelajaran 
    3. Materi Power Point 
    4. Referensi tambahan dari Youtube 
    5. Studi kasus bersumber dari penelitian jurnal nasional 
    6. Kuis
    7. Forum Diskusi yang wajib diisi, sebagi ukuran pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan.
  • Pertemuan 7 : Evaluasi Presentasi Studi Kasus

    Pada Pertemuan 7 dilakukan secara tatap muka online (Sinkronous) 

    Capaian pembelajaran pada pertemuan 7 yaitu Mahasiswa mampu memahami konsep rekruitmen dan seleksi karyawan

    Indikator capaian Mahasiswa mampu menjelaskan dan membuat perencanaan alur proses rekruitmen dan seleksi karyawan

    Isi dari pertemuan ini terdapat

    1. Video deskripsi 
    2. Modul Digital Pembelajaran 
    3. Materi Power Point 
    4. Pengumpulan Presentasi 
    5. G Meet atau Zoom Meeting untuk diskusi secara tatap muka online (Sinkronous) 
  • Pertemuan 8 : Ujian Tengah Semester (UTS)

    Ujian Tengah Semester (UTS), digunakan untuk mengukur ketercapaian pemahaman mahasiswa dari pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 7, bobot nilai UTS yaitu 30% dari Total indikator NIlai secara keseluruhan. 


  • Pertemuan 9 : Pelatihan dan Pengembangan SDM

    Capaian pembelajaran pada pertemuan 9 yaitu : Mahasiswa mampu memahami konsep pelatihan pengembangan sumber daya manusia pada perusahaan 

    Indikator capaian 

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pelatihan pengembangan sumber daya manusia
    2. Mahasiswa mampu membuat contoh pelatihan dan  pengembangan sumber daya manusia
    3. Mahasiswa mampu menganalisis biaya dan manfaat pada investasi pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia 

    Isi dari pertemuan kesembilan terdapat

    1. Video deskripsi 
    2. Modul Digital Pembelajaran
    3. Materi Power Point 
    4. Referensi tambahan dari Youtube 
    5. Studi kasus bersumber dari penelitian jurnal nasional 
    6. Kuis
    7. Forum Diskusi yang wajib diisi, sebagi ukuran pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan.
  • Pertemuan 10 : Kepuasan Kerja

    Capaian pembelajaran pada pertemuan 10 yaitu : Mahasiswa mampu memahami konsep kepuasan kerja karyawan di perusahaan 

    Indikator capaian 

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kepuasan kerja karyawan
    2. Mahasiswa mampu membuat pengukuran kepuasan kerja karyawan

    Isi dari pertemuan ini terdapat

    1. Video deskripsi  
    2. Modul Digital Pembelajaran  
    3. Materi Power Point 
    4. Referensi tambahan dari Youtube 
    5. Studi kasus bersumber dari penelitian jurnal nasional 
    6. Kuis
    7. Forum Diskusi yang wajib diisi, sebagi ukuran pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan.
  • Pertemuan 11 : Disiplin Kerja

    Capaian pembelajaran pada pertemuan 11 yaitu : Mahasiswa mampu memahami konsep disiplin kerja karyawan

    Indikator capaian : Mahasiswa mampu menjelaskan konsep disiplin kerja 

    Isi dari pertemuan ini terdapat

    1. Video deskripsi  
    2. Modul Digital Pembelajaran 
    3. Materi Power Point 
    4. Referensi tambahan dari Youtube 
    5. Studi kasus bersumber dari penelitian jurnal nasional 
    6. Kuis
    7. Forum Diskusi yang wajib diisi, sebagi ukuran pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan.
  • Pertemuan 12 : Pengembangan Karyawan

    Capaian pembelajaran pada pertemuan 12 yaitu : Mahasiswa mampu memahami konsep pengembangan Karyawan

    Indikator capaian : Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyusun rancangan pengembangan karyawan

    Isi dari pertemuan ini terdapat

    1. Video deskripsi  
    2. Modul Digital Pembelajaran  
    3. Materi Power Point 
    4. Referensi tambahan   
    5. Studi kasus bersumber dari penelitian jurnal nasional 
    6. Kuis
    7. Forum Diskusi yang wajib diisi, sebagi ukuran pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan.
  • Pertemuan 13 : Kompensasi

    Capaian pembelajaran pada pertemuan 13 yaitu : Mahasiswa mampu memahami konsep konsep dan sumber hukum kompensasi

    Indikator capaian : 

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kompensasi
    2. Mahasiswa mampu memberi contoh kompensa

    Isi dari pertemuan ini terdapat

    1. Video deskripsi  
    2. Modul Digital Pembelajaran  
    3. Materi Power Point 
    4. Referensi tambahan   
    5. Studi kasus bersumber dari penelitian jurnal nasional 
    6. Kuis
    7. Forum Diskusi yang wajib diisi, sebagi ukuran pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan.
  • Pertemuan 14 : Intrapreneurship

    Capaian pembelajaran pada pertemuan 14 yaitu : Mahasiswa mampu memahami konsep konsep intrapreneuship 

    Indikator capaian : Mahasiswa mampu menjelaskan penerapan intrapreneurship 

    Isi dari pertemuan ini terdapat

    1. Video deskripsi  
    2. Modul Digital Pembelajaran (proses pengembangan)
    3. Materi Power Point 
    4. Referensi tambahan   
    5. Studi kasus bersumber dari penelitian jurnal nasional 
    6. Kuis
    7. Forum Diskusi yang wajib diisi, sebagi ukuran pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan.
  • Pertemuan 15 : Evaluasi dan Studi Kasus

    Pada Pertemuan 15 dilakukan secara tatap muka online (Sinkronous) dan digunakan sebagai evaluasi dengan studi kasus yang dicari oleh mahasiswa 

    Capaian pembelajaran pada pertemuan 15  yaitu : Mahasiswa mampu  menjelaskan keterkaitan human capital development dengan praktik intrapreneurship

    Indikator capaian Mahasiswa mampu mempresentasikan contoh implementasi intrapreneurship

    Isi dari pertemuan ini terdapat

    1. Video deskripsi 
    2. Modul Digital Pembelajaran 
    3. Materi Power Point 
    4. Pengumpulan Presentasi 
    5. G Meet atau Zoom Meeting untuk diskusi secara tatap muka online (Sinkronous) 
  • Pertemuan 16 : Ujian Akhir Semester (UAS)

    Ujian Akhir Semester (UAS), digunakan untuk mengukur ketercapaian pemahaman mahasiswa dari pertemuan setelah UTS  sampai dengan Materi Sebelum UAS, bobot nilai UAS yaitu 30% dari Total indikator NIlai secara keseluruhan. 

  • Ujian Akhir Semester Susulan

    Ujian Susulan, digunakan untuk memfasilitasi mahasiswa yang tidak dapat mengikuti Ujian Akhir Semester dikarenakan berhalangan hadir. Ujian ini memiliki bobot yang sama dengan UAS yaitu 30%

  • Ujian Remidi

    Ujian Remidi ini merupakan fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa yang mendapatkan nilai kurang dan ingin memperbaiki nilai. Cakupan soal remidi ini dari materi satu sampai materi akhir dengan bobot nilai 100%. Dengan syarat mahasiswa yang mengikuti remidi ini adalah mahasiswa yang terdaftar pada semester reguler dan aktif dalam perkuliahan dengan tingkat kehadiran 75%.