Dengar Penjelasan

Dengar Penjelasan

Number of replies: 10


Jelaskan maksud dari mekanisme ikatan kovalen berdasarkan gambar di atas!
Gunakan bahasa anda sendiri, jelaskan dalam 1 paragraf singkat

In reply to First post

Re: Dengar Penjelasan

by ADITYA FIRMANSYAH -
Izin menjawab pakšŸ™šŸ»
Berdasarkan pengamatan saya pada gambar diatas dan video penjelasan materi ikatan kimia, maka mekanisme ikatan kovalen berdasarkan gambar diatas dapat menjelaskan bahwa:
1. Ketika dua buah atom berjarak jauh maka tidak akan ada reaksi tarik-menarik yang terjadi.
2. Ketika dua buah atom saling mendekati, maka terjadilah reaksi tarik menarik elektron oleh inti atom masing-masing untuk pemenuhan orbital (ruang kosong)
3. Pada saat tarik menarik untuk saling menstabilkan, atom akan sampai pada jarak yang pas (berdekatan tetapi inti atom (nukleus) tidak boleh bertemu, karena akan terjadi reaksi tolak-menolak.
4. Ketika sudah saling berikatan dan stabil maka kedua atom tersebut akan membentuk elemen ataupun senyawa.
5. Ikatan kimia antara atom juga dipengaruhi oleh kerenggangan dan kerapatan orbital atau jarak elektron dari nukleus masing-masing atom.
In reply to First post

Re: Dengar Penjelasan

by LATHIFAH KUSUMA WARDANI -
Ikatan kimia adalah ikatan antara atom-atom untuk membentuk senyawa yang stabil. Ikatan kimia terdiri dari ikatan ion dan ikatan kovalen. Pada ikatan ion terjadi antara ion positif dengan ion negatif, contohnya pada unsur golongan IA dan IIA yang merupakan ion positif sementara golongan VIA dan VIIA merupakan ion negatif. Adapun contoh senyawa ion antara lain: NaCl, KOH, KCl, MgCl2, dll.

Sementara pada ikatan kovalen ini memakai elektron secara bersama-sama untuk melengkapi kekurangan elektron hingga mencapai kestabilan. Biasanya dituliskan dengan rumus lewis. Unsur gas mulia sudah stabil, sehingga sukar untuk memecah/menggabungkan dengan yang lainnya karena membutuhkan energi yang sangat besar.
In reply to First post

Re: Dengar Penjelasan

by HEVENIA ARMA DHANTI -
Menurut saya Ikatan kovalen ini adalah ikatan kimia yang terbentuk akibat terjadinya ikatan antara atom non-logam dengan atom non-logam karena adanya pemakaian bersama pasangan elektron. Dengan kata lain, pembentukan ikatan kovalen melibatkan dua atau lebih atom non-logam yang menggunakan pasangan elektron bersama untuk berikatan. Mekanisme pembentukan ikatan kovalen terletak pada pemakaian elektron bersama oleh atom-atom non logam untuk mencapai konfigurasi gas mulia ( kestabilan ).

Maka dari itu, mekanisme pembentukan ikatan kovalen ialah pemakaian elektron bersama oleh atom-atom non logam untuk mencapai konfigurasi elektron gas mulia (kestabilan).
Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: Dengar Penjelasan

by ANDRA SUHENDRI -
Ikatan kimia adalah ikatan antara atom-atom untuk membentuk senyawa yang stabil. Ikatan kimia terdiri dari ikatan ion dan ikatan kovalen. Pada ikatan ion terjadi antara ion positif dengan ion negatif, contohnya pada unsur golongan IA dan IIA yang merupakan ion positif sementara golongan VIA dan VIIA merupakan ion negatif. Adapun contoh senyawa ion antara lain: NaCl, KOH, KCl, MgCl2, dll.
kovalen adalah proses pembentukan ikatan antara dua atau lebih atom non-logam yang menggunakan pasangan elektron bersama untuk mencapai konfigurasi gas mulia. Dalam ikatan kovalen, setiap atom
In reply to First post

Re: Dengar Penjelasan

by DWI NURBANI -
Berdasarkan pendapat saya, gambar tersebut menjelaskan mengenai mekanisme ikatan kovalen dimana ikatan ini terbentuk karena adanya elektron yang digunakan bersama yang mengalami gaya tarikan elektron ke inti dari kedua atom non logam. Ikatan Kovalen memiliki beberapa karakteristik yang terjadi yakni :
A. Ketika terpisah jauh, dan atom-atom tidak saling berinteraksi sama sekali maka yang terjadi ialah energi potensial bernilai 0.
B. ketika atom-atom saling mendekat dan maka mereka akan berinteraksi dan energi potensialnya akan berkurang. Energi potensial dapat menurun apabila interaksi tarik menarik terjadi.
C. ketika atom mencapai pemisahan optimal, terdapat pembagian elektron yang signifikan antara kedua inti, jarak ini menurunkan energi potensial lebih dari jarak lainnya dan disebut jarak ikatan.
Ikatan Kovalen terdiri dari berbagai jenis yaitu Ikatan Kovalen Tunggal, Ikatan Kovalen Rangkap Dua, Ikatan Kovalen Rangkap Tiga, Ikatan Kovalen Polar, Ikatan Kovalen NonPolar serta Ikatan Kovalen Koordinasi.
In reply to First post

Re: Dengar Penjelasan

by RIZKY HADENGGANAN SIREGAR -
Berdasarkan pandangan saya mengenai mekanisme ikatan kovalen diatas dapat menjelaskan bahwa ketika atom-atom berpisah jauh tidak ada reaksi tarik menarik yang terjadi pada atom tersebut sedangkan ketika atom saling mendekat maka mulailah ada interaksi saling tarik menarik antara atom-atom tersebut dan menurunkan energi potensial.Kemudian ketika atom-atom terlalu didekatkan satu sama lain,maka yang terjadi yaitu inti pada atom saling tolak menolak karena terjadi peningkatan yang tinggi pada energi potensialnya.Saat atom mendekati elektron,muatan negatif akan tertarik kedua inti dan juga ketika atom berada cukup dekat maka inti atom dan elekron tidak lagi membentuk bola.Intinya yaitu atom-atom yang memiliki keterikatan tersebut harus memiliki posisi yang tepat bagi keduanya,karena ketika terlalu jauh maka tidak akan ada interaksi antara atom-atom tersebut dan ketika terlalu dekat pula akan terjadi tolak menolak bagi keduanya sehingga dibutuhkan posisi yang tepat agar keduanya samasama saling terikat dan saling berinteraksi.
In reply to First post

Re: Dengar Penjelasan

by BIRNOMIANTA SITEPU -
Berdasarkan gambar diatas kita tahu bahwa Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi antara dua atau lebih atom non logam dengan pemakaian elektron secara bersama. Kedua atom yang berikatan tersebut akan tertarik pada pasangan elektron yang sama. Contohnya adalah ikatan yang terjadi pada molekul H2. Itulah mengapa ikatan kovalen disebut juga sebagai ikatan molekul.
Syarat terjadinya ikatan kovalen, yaitu:
ā€¢ Terjadi antar unsur-unsur non-logam.
ā€¢ Terjadi jika perbedaan keelektronegatifan antara unsur-unsur yang berikatan kecil.
In reply to First post

Re: Dengar Penjelasan

by AZIKRY ALIFRIZA -
Mekanisme ikatan kovalen adalah proses pembentukan ikatan antara dua atau lebih atom non-logam yang menggunakan pasangan elektron bersama untuk mencapai konfigurasi gas mulia. Dalam ikatan kovalen, setiap atom menyumbangkan satu atau lebih elektron valensi untuk membentuk pasangan elektron ikatan (PEI) dengan atom lain. Pasangan elektron ikatan ini menarik inti atom yang berikatan dan membuatnya stabil. Berdasarkan gambar di atas, ikatan kovalen terjadi antara atom hidrogen (H) dan atom klorin (Cl) yang masing-masing memiliki satu elektron valensi. Kedua atom tersebut berbagi elektron valensi mereka untuk membentuk PEI yang ditunjukkan dengan garis antara simbol H dan Cl. Dengan demikian, kedua atom mencapai konfigurasi gas mulia dengan memiliki delapan elektron di kulit terluarnya.
In reply to First post

Re: Dengar Penjelasan

by KIKI IRWANDA -
pada gambar tersebut Mekanisme ikatan kovalen adalah cara atom berbagi elektron dalam molekul. Dalam ikatan kovalen, atom-atom berusaha mencapai konfigurasi elektron yang lebih stabil dengan berbagi pasangan elektron. jika jaraknya berjauhan tidak ada interaksi satu sama lain sehingga tidak menghasilkan energi , ketika semakin dekat maka masing masing elektron akan melepas energinya untuk bisa memenuhi ikatan energi masing masing sehingga ketika dua atom itu berdekatan ia harus berada di jarak yang tepat , jarak yg jauhh tidak mencukupi adanya energi sehingga tidak membuat adanya interaksi jika jarak yang terlalu dekat maka ia akan melepas energinya jadi untuk jarak antara atom ini harus menemukan letak yang pas yang sangat presisi untuk mengikat satu sama lain dengan mengisi energi satu sama lain
In reply to First post

Re: Dengar Penjelasan

by HODDI SINAGA -
Izin berpendapat pakšŸ™, menurut sepemahaman saya ketika atomĀ² saling berjahuan maka atomĀ² tidak saling berinteraksi dan energi potensialnya nol, sebaliknya jika atomĀ² saling berdekatan maka atom tersebut akan saling berinteraksi sehingga energi potensialnya berkurang. Interaksi tarik menarik menyebabkan energi potensial berkurang, kemudian ketika atom mencapai titik pemisahan optimal maka akan terjadi pembagian elektron yang signifikan di kedua inti. Selanjutnya jika atom didorong terlalu dekat dengan satu sama lainya maka akan menyebabkan inti atom mulai saling tolak menolak yang kemudian menghasilkan peningkatan dramatis dalam energi potensial.