Forum Diskusi Pertemuan 2

Forum Diskusi Pertemuan 2

Number of replies: 4


Ikutilah forum diskusi untuk memperdalam pemahaman Anda!


Berdasarkan studi kasus (Pepsi dan Kendal Jenner advertisement) dalam video pemaparan, diskusikan hal-hal berikut:

  1. Di mana letak kesalahan Pepsi? (Salah isu / salah media / salah timing)?

  2. Berikan saran atau respon Anda terhadap Pepsi?


In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan 2

by THERESIA ARIANI PUTRIASIH BUTAR BUTAR -
Theresia Ariani Putriasih B (2022041143)

1. Menurut saya kesalahan Pepsi terdapat pada isu dan timingnya. Isu yang diangkat untuk sebuah iklan produk sangat berat dan kontroversial ditambah lagi dengan pengunggahan konten di waktu yang tidak tepat karena pada saat itu isu mengenai gerakan BLM sangatlah sensitif dan serius. Maka dengan penayangan konten iklan ini membuat sebagian masyarakat dan aktivis menjadi marah lantaran dianggap meremehkan gerakan dan perjuangan dari kampanye #blacklivesmatter.

2. Dalam melakukan pengiklanan produk yang mengandung kampanye, pepsi harus lebih bijak lagi dan melakukan penelitian secara mendalam mengenai isu yang ingin diangkat. Scene yang terdapat dalam iklan juga harus diperhatikan, serta timing pengunggahan konten iklan harus disesuaikan bila tidak ingin terjadi hal serupa.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan 2

by MAIA KHOIRUNNISA -
Maia Khoirunnisa (2022041139)

1. Menurut saya letak kesalahan Pepsi berada pada pemilihan isu yang digunakan dalam iklan tersebut, dimana terkesan Pepsi memanfaatkan momen gerakan protes tersebut dengan tujuan komersial. Pepsi kurang memahami bahwa gerakan protes sosial merupakan isu yang serius dan sensitif yang berkaitan dengan ketidakadilan sosial dan hak asasi manusia. Dalam iklan tersebut terkesan mengganggap remeh perjuangan para demonstran yang terlibat dalam gerakan protes sosial tersebut. Serta pemilihan timing yang tidak tepat pada iklan tersebut yang dirilis pada tahun 2017, dimana adanya gerakan protes Black Lives Matter yang saat itu menjadi sorotan banyak orang sehingga memperburuk keadaan dan menimbulkan kekecewaan dan kritik dari publik.
2. Kedepannya Pepsi perlu lebih berhati-hati dalam membuat iklan terutama dengan penggunaan isu - isu sosial serta lebih banyak menggali informasi dari setiap isu yang akan diangkat dan digunakan agar tidak merugikan orang lain.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan 2

by MAYRITZA AUREL -
Mayritza Aurel (2022041141)

1. Kesalahan pepsi paling utama adalah pada pemilihan timing. Untuk isu atau tema yang dia angkat memang tentu mengusung persatuan dan perdamaian pada perbedaan, ditunjukkan oleh orang-orang berparade dan berdemonstrasi terlepas dari mana mereka berasal, membawa papan bersimbol peace atau tanda damai. Namun, nyatanya damai yang disuarakan Pepsi berbeda dengan kedamaian yang diinginkan pada situasi nyata di waktu tersebut. Iklan ini menunjukkan bahwa ternyata para polisi dapat "dilunakkan" hanya dengan Pepsi, padahal kenyataannya adalah terjadi gerakan BLM (Black Lives Matter) yang merupakan protes terhadap tindak kekerasan oleh polisi kepada seorang sipil berbeda ras. Iklan ini tampak menggampangi atau menyepelekan usaha asli gerakan BLM seolah mereka tidak cukup pandai untuk menggerakkan Polisi tanpa Pepsi.

2. Untuk menghindari terjadinya kontroversi lagi, sebaiknya perusahaan terus mengikut berita terkini atau yang sedang viral hingga detik iklan tersebut dikeluarkan. Perusahaan dapat mengundur waktu pengunggahan seadainya iklan menyenggol isu sensitif secara tidak sengaja, dan diberi disclaimer di awal iklan.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan 2

by CAROLINE MARGARETHA SIMANJUNTAK -
Caroline Margaretha Simanjuntak (2022041152)

1. Kesalahan Pepsi terletak pada pemilihan isu dan timing iklan yang tidak tepat. Iklan tersebut dianggap meremehkan gerakan Black Lives Matter (BLM) dengan memanfaatkan momen protes sosial yang sensitif untuk tujuan komersial. Meskipun mengusung tema persatuan dan perdamaian, iklan ini dinilai menggampangkan perjuangan para demonstran dan menyiratkan bahwa masalah serius seperti kekerasan oleh polisi dapat diselesaikan dengan produk mereka, yang memicu kemarahan dan kritik publik.

2. Untuk menghindari kontroversi di masa depan, Pepsi perlu lebih bijak dalam pengiklanan dengan mengikuti berita terkini, melakukan penelitian mendalam tentang isu yang diangkat, dan memperhatikan timing serta konten iklan. Jika isu sensitif terlibat, pengunggahan iklan sebaiknya ditunda dan disertai disclaimer untuk mengurangi risiko kesalahpahaman.