Forum Diskusi Pertemuan 10
Dalam media online, masyarakat umumnya dapat memilih sendiri KOL atau kunci-opini mereka yang kini dikenal sebagai 'influencer'. Adanya influencer ini dalam advertorial memiliki dampak pada masyarakat bahwa mereka tidak 'menjual' dengan paksa atau hard-selling. Cukup dengan menggunakan dan me-review/mengulas produk saja, masyarakat setidaknya beberapa bisa terpengaruh untuk membeli barang yang persis sama. Selain itu, Advertorial di media online yang mencakup beberapa media, seperti video, gambar yang interaktif, serta audio yang menambah daya tarik visual bisa menjadi potensi sebuah advertorial dimaksimalkan untuk menarik target.
Namun, influencer/KOL perlu pintar-pintar dalam trik advertorial online sebab masalah terkini yang melanda masyarakat online adalah "Attention Span" atau seberapa lama mereka dapat memusatkan perhatian pada konten. Jika melebihi batas Attention Span dan belum dapat memancing rasa penasaran atau ketertarikan target, maka tentu saja akan sulit memberi pengaruh.
Namun, influencer/KOL perlu pintar-pintar dalam trik advertorial online sebab masalah terkini yang melanda masyarakat online adalah "Attention Span" atau seberapa lama mereka dapat memusatkan perhatian pada konten. Jika melebihi batas Attention Span dan belum dapat memancing rasa penasaran atau ketertarikan target, maka tentu saja akan sulit memberi pengaruh.
Menurut saya, advertorial di media online masih cukup efektif karena bersifat informatif, bukan iklan yang mengganggu. Format ini lebih diterima pembaca karena memberikan informasi yang relevan. Ditambah lagi, iklan online sekarang bisa disesuaikan dengan minat audiens, jadi lebih tepat sasaran. Ini membuat pembaca lebih tertarik dan merasa kontennya berguna, bukan cuma promosi. Jadi meskipun tujuannya untuk menjual, cara penyampaiannya lebih alami dan nggak terlalu terasa mengganggu seperti iklan pada umumnya.
Maia Khoirunnisa - 2022041139
Advertorial di media online tetap efektif jika dibuat dengan strategi yang tepat, sebab memiliki banyak kelebihan, seperti mampu menjangkau lebih banyak orang, fleksibilitas format, serta mampu menargetkan audiens tertentu dengan akurat. Dengan cara ini, advertorial lebih mudah menarik perhatian target audiens sehingga peluang mendapatkan calon pelanggan berkualitas juga meningkat. Lalu, pesan yang disampaikan melalui advertorial biasanya lebih diingat daripada iklan konvensional, sehingga dampaknya lebih lama bertahan.
Advertorial di media online tetap efektif jika dibuat dengan strategi yang tepat, sebab memiliki banyak kelebihan, seperti mampu menjangkau lebih banyak orang, fleksibilitas format, serta mampu menargetkan audiens tertentu dengan akurat. Dengan cara ini, advertorial lebih mudah menarik perhatian target audiens sehingga peluang mendapatkan calon pelanggan berkualitas juga meningkat. Lalu, pesan yang disampaikan melalui advertorial biasanya lebih diingat daripada iklan konvensional, sehingga dampaknya lebih lama bertahan.