Diskusi Pengelolaan SDAL

Saat ini Dunia telah dihadapkan pada permasalahan pandemi mewabahnya virus corona (Covid-19), termasuk didalamnya Negara Indonesia. Covid-19 disebabkan oleh transmisi patologi virus zoonosis yang berasal dari hewan liar, salah satunya akibat perdagangan hewan liar yaitu kelelawar dan trenggiling. Tontonlah video pembelajaran link:

secara teliti dan seksama supaya Anda bisa mengetahui beberapa permasalahan awal yang terjadi atas mewabahnya virus tersebut. Soroti perdagangan satwa liar tersebut yang diduga sebagai  perkembangan pandemic virus corona. Akibat mewabahnya virus corona beberapa Negara memutuskan untuk melindungi warga negaranya dari dampak buruk virus tersebut yaitu lockdown, termasuk Negara Italia dan China. Seperti bisa Anda lihat pada video tersebut. Saksikan secara seksama dan teliti perubahan yang terjadi pada sumber daya alam dan lingkungan akibat kebijakan tersebut.

Gambar 1


Gambar 2

 

Setelah Anda menyaksikan video pembelajaran tersebut, silahkan tentukan keterkaitan antara kedua video tersebut dan menjawab pertanyaan dibawah ini.

1.    Permasalahan apa yang terjadi pada kedua video tersebut yang berkaitan dengan sumber daya alam?

2.    Pada lingkup apakah permasalah tersebut menjadi perhatian (Global atau Lokal)?

3.    Faktor apa saja yang mungkin mempengaruhi permasalahan tersebut?

4.    Sejauh ini upaya pengelolaan apa saja yang telah dilakukan untuk mengatasi masalah SDA oleh berbagai pihak (Pemerintah, LSM, akademisi dan masyarakat) yang Anda amati pada video A

5.    Buatlah gagasan solusi yang bisa dilakukan untuk penyelesaian permasalahan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang anda amati pada video A.

6.    Kesimpulan apa yang dapat anda tarik dari video B? Berikan contoh kasus yang serupa dengan yang anda amati dalam video B

  Silahkan download link LKM berikut

(There are no discussion topics yet in this forum)