Forum Diskusi Team Based Project

Forum Diskusi Team Based Project

Number of replies: 0

Para mahasiswa yang budiman

Jika telah menentukan masalah yang akan menjadi bahan kajian kelas, Anda harus bisa memutuskan tempat-tempat atau sumber- sumber informasi mana sajakah yang akan dipergunakan untuk memperoleh data dan informasi. Dalam pencarian itu, nantinya Anda akan menemukan bahwa sumber informasi yang satu mungkin lebih baik dari yang lainnya. Temukanlah seseorang dan/atau sekelompok orang yang memiliki informasi yang lebih baik dari yang lainnya. Tujuan tahap ini adalah agar kelas dapat memperoleh data dan informasi yang akurat dan komprehensif untuk memahami masalah yang menjadi kajian kelas. (Penjelasan lebih rinci Anda harus membacanya pada bahan bacaan untuk Langkah-3: Mengumpulkan data dan informasi (terlampir).

Prosesnya secara singkat sbb:

  1. Data dan informasi yang diperoleh pada saat proses mengidentifikasi masalah, yakni hasil wawancara, menggunakan media cetak dan elektronik dapat dijadikan data dan informasi awal.
  2. Selanjutnya PJ memimpin diskusi untuk menentukan sumber-sumber informasi apa saja yang akan digunakan, misalnya: perpustakaan, kantor penerbit surat kabar, wawancara dengan profesor dan pakar di PT, pejabat pemerintahan, organisasi masyarakat, organisasi politik, tokoh masyarakat, LSM, jaringan informasi elektronik, dsb.
  3. Setelah sumber-sumber informasi ditetapkan dan disetujui anggota, PJ membagi siapa-siapa saja yang ditugasi menjadi tim peneliti untuk mencari data dan informasi di perpustakaan, siapa yang melakukan wawancara, dst.
  4. Tim peneliti melakukan tugasnya untuk mendapatkan data dan informasi selengkap-lengkapnya.

Kegiatan mengumpulkan data dan informasi ini akan dilakukan sekira  3 pertemuan (3 minggu). Pengerjaan tugas dilakukan pada seksi Tugas Team Based Project.

Selamat berdiskusi!