Diskusi Team Based Project: Langkah-4: Mengembangkan Portofolio kelas

Para mahasiswa yang budiman

Untuk memasuki tahap ini tim peneliti harus sudah menyelesaikan kegiatan pengumpulan data dan informasi. Dalam tahap ini mulailah mengembangkan portofolio kelas. Kelas akan dibagi dalam empat kelompok. Masing-masing kelompok akan bertanggung jawab untuk mengembangkan satu bagian dari portofolio kelas. Bahan-bahan yang dimasukkan dalam portofolio hendaknya mencakup dokumentasi-dokumentasi yang telah dikumpulkan dalam tahap penelitian. Dokumentasi ini harus mencakup bahan-bahan atau karya-karya seni yang ditulis asli oleh para mahasiswa. Penjelasan lebih rinci dapat Anda baca pada bahan bacaan PBK Langkah-4: Mengembangkan Portofolio Kelas (terlampir).

Secara singkat kegiatan Langkah-4 itu adalah sbb:

PJ membagi kelas dalam empat kelompok secara seimbang. Nama-nama kelompok dan tugasnya adalah sbb: 

  1. Kelompok Portofolio Satu: Menjelaskan Masalah. Kelompok ini bertanggung jawab untuk menjelaskan pilihan masalah yang telah dikaji. Kelompok ini juga harus menjelaskan beberapa hal yang meliputi alasan mengapa masalah yang dipilih itu merupakan sesuatu yang penting, mengapa badan pemerintahan tertentu atau pemerintahan tingkat tertentu harus menangani masalah tersebut.

  2. Kelompok Portofolio Dua: Mengkaji Kebijakan Alternatif untuk Memecahkan Masalah. Kelompok ini bertanggung jawab untuk menjelaskan kebijakan-kebijakan yang sudah ada dan/atau menjelaskan kebijakan-kebijakan alternatif yang dibuat oleh Pemerintah (Pusat atau Daerah) untuk memecahkan masalah.

  3. Kelompok Portofolio Tiga: Mengembangkan Kebijakan Publik Kelas. Kelompok ini bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menerangkan dengan tepat atas suatu kebijakan tertentu yang disepakati dan didukung oleh seluruh kelas untuk memecahkan masalah.

  4. Kelompok Portofolio Empat: Mengembangkan suatu Rencana Tindakan (Action Plan).  Kelompok ini bertanggung jawab untuk mengembangkan suatu rencana tindakan yang menunjukan bagaimana cara warganegara dapat mempengaruhi pemerintah untuk menerima kebijakan yang didukung oleh kelas.

Dalam diskusi kali ini PJ harus melaporkan dibentuknya 4 kelompok ini beserta anggotanya. Selanjutnya melaporkannya pada bagian tugas Team Based Project Langkah-4: Mengembangkan Portofolio Kelas (Pembagian kelompok dan anggotanya).

Selamat berdiskusi!


(There are no discussion topics yet in this forum)