Diskusi 10

a. Telkom University (Tel-U) merupakan penggabungan dari beberapa institusi yang berada di bawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) yaitu IT Telkom, IM Telkom, Poltek Telkom dan STISI Telkom. Tel-U mengkhususkan program studinya pada bidang “Information and Communications Technologies, Management and Creative Industries” sebagai jawaban atas tuntutan perkembangan industri TIK yang begitu pesat.

Visi Telkom University adalah menjadi perguruan tinggi berkelas dunia (A World Class University)  yang berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan seni berbasis teknologi informasi. Dengan misi: Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berstandar internasional; Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, manajemen, dan seni yang diakui secara internasional; Memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, manajemen, dan seni, untuk kesejahteraan dan kemajuan peradaban bangsa.

Rata-rata pertumbuhan sektor bisnis telekomunikasi di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 20% tiap tahunnya. Pertumbuhan ini meliputi bisnis layanan komunikasi berbasis seluler, telepon tetap, internet, dan akses pita lebar. Dengan jumlah pertumbuhan sebesar itu, diperkirakan kebutuhan tenaga Infokom pada tahun 2010 di Indonesia adalah sebanyak 320.000 orang.

Saat ini penyedia lulusan infokom berasal dari perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta, termasuk Tel-U. Namun jumlah lulusan dari perguruan-perguruan tinggi yang memiliki program studi terkait dengan bidang infokom tersebut, baru sekitar 20.000 orang per tahun.

Tel-U mencanangkan di tahun 2017 nanti akan menjadi perguruan tinggi berkelas Internasional yang unggul di bidang Infokom dan menjadi agen perubahan dalam membentuk insan cerdas dan kompetitif.

 

Pertanyaan:

1.      Mengutip pernyataan Robert J. Eaton yaitu CEO Chrysler Corporation USA yang menyatakan “the only we can beat the competition is with people”. Berdasarkan pernyataan Eaton tersebut, jelaskan mengapa SDM merupakan faktor yang sangat penting dalam perusahaan jasa pendidikan, dalam hal ini Universitas Telkom?

2.     Identifikasikan berdasarkan peran SDM dalam perusahaan jasa, siapakah yang berperan sebagai contractors, modifiers, influencers dan isolated pada Universitas Telkom, serta uraikan perannya masing-masing!

b. Berikan contoh beberapa program loyalitas pelanggan yang ada atau yang pernah Anda peroleh. Ceritakan bagaimana program tersebut dijalankan? Menurut Anda, efektifkah program tersebut?

(There are no discussion topics yet in this forum)