Peninjauan Pustaka

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Pada pekan lalu anda telah belajar mengenai latar belakang dan isi dari bab pendahuluan. Pada pekan ini kita akan belajar peninjauan Pustaka.

Peninjauan pustaka adalah hal yang mutlak pasti ada dalam karya tulis ilmiah. Ada jenis karya ilmiah yang memiliki Bab Tinjauan Pustaka tersendiri, ada pula yang tidak. Dengan kata lain, peninjauan pustaka tersebar di semua Bab. Utamanya pada latar belakang dan pembahasan.

Begitupun dengan PKM, peninjauan pustaka merupakan salah satu bagian yang wajib ada. Meskipun jenis PKM tersebut tidak memiliki Bab Tinjauan Pustaka. Namun, semua jenis PKM selalu memiliki daftar pustaka. Keberadaan daftar pustaka merupakan penanda bahwa peninjauan pustaka suatu hal yang wajib.

Dalam PKM, mengetahui masalah saja tidaklah cukup. Hal mendasar kedua yang harus dicari adalah dasar-dasar pengetahuan yang akan menjadi pijakan peneliti dalam meneliti sebuah masalah.

Pengetahuan sebelumnya itu tentu tidak berasal dari peneliti semata, namun harus ditopang oleh referensi yang kredibel dan valid. Tujuannya tak lain agar peneliti tidak asal mengarang dalam menyampaikan sebuah proposisi dan hipotesis terhadap masalah yang akan diteliti.

Untuk memahami teknik-teknik dalam melakukan tinjauan pustaka, bacalah materi yang disadur dari buku Metodologi Penelitian dan Statistik (Husna & Suryana) Bab 2 halaman 35-63, berikut ini:

Baca sekarang

 

Anda telah belajar tentang konsep peninjauan pustaka, dari mana saja sumber-sumber pustaka yang bisa kita tinjau, kriteria sebuah pustaka bisa kita gunakan sampai bagaimana cara menuliskannya dalam proposal PKM. Tentu dengan mensitasi penulis dari ide/teori tersebut.

Nah, kualitas pustaka yang kita rujuk akan sangat berpengaruh terhadap kualitas karya ilmiah kita. Karenanya, dalam merujuk sebuah pustaka perlu kehati-hatian dalam memilah apakah teori tersebut layak untuk kita rujuk atau tidak.

Terkait dengan itu, bacalah artikel dari Ismail Suardi Wekke dari website researchgate.net berikut ini:

 

https://www.researchgate.net/publication/333731188_Penelusuran_Literatur_Dalam_Penulisan_Artikel

 

https://www.researchgate.net/publication/334109328_Validitas_Referensi

 

Setelah membaca begitu banyak materi hari ini, mungkin anda merasa lelah. Karena itu ceriakan diri anda dengan menonton video youtube berikut ini:


Jika anda perhatikan video di atas, penggunaan aplikasi Mendeley akan sangat membantu dalam penulisan karya tulis ilmiah, mulai dari penulisan tinjauan pustaka sampai daftar pustaka.

Karena itu, jika anda ingin lebih mudah dalam melakukan sitasi, belajarlah menggunakan Mendeley. Tutorial penggunaan Mendeley tersedia banyak dan bisa anda tonton di channel youtube.

Demikian kelas kita pekan ini, semoga bermanfaat dan proposal anda bisa segera kelar. Amiin Ya Rabbal Alamiin.

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ