KEGIATAN BELAJAR 2 : CIRI CIRI MAHLUK HIDUP


SILAHKAN LAKUKAN KEGIATAN BELAJAR DENGAN BAIK, DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB.

SEMOGA SUKSES !!!

PENDAHULUAN

Disadari atau tidak, Anda telah mampu mengelompokkan makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Misalnya, manusia, ikan, kadal, gajah, burung, pohon rambutan, dan bunga mawar dikelompokkan dalam makhluk hidup. Sementara itu, batu, air, tanah, dan benda-benda buatan manusia, seperti meja, kursi, dan lemari, dikelompokkan dalam makhluk tak hidup. Akan tetapi, apabila kita ditanya apa yang menjadi dasar pengelompokan itu atau apa yang dimaksud dengan makhluk hidup dan tak hidup itu, kita sering tidak mampu menjawabnya dengan benar.

Jika sepotong roti dan sebatang besi dibiarkan tergeletak di udara terbuka, lambat laun jamur akan tumbuh pada roti dan karat terdapat pada besi. Keduanya menampakkan warna yang hampir sama: kuning kehitam-hitaman. Bagaimana dapat menentukan jamur dan karat itu hidup atau tidak hidup? Kita tidak dapat menyatakan sesuatu itu hidup, seperti manusia atau pohon, dan sesuatu itu tidak hidup karena menyerupai batu atau tanah. Untuk itu, kita perlu mengetahui dalam hal apa saja makhluk hidup berbeda dari makhluk tak hidup serta ciri-ciri yang tampak dan menunjukkan bahwa sesuatu itu makhluk hidup atau tak hidup.

Untuk mendapatkan jawaban tersebut, marilah kita kaji uraian mengenai ciri-ciri yang membedakan makhluk hidup dari makhluk tak hidup berikut ini.

Selamat belajar!