Topic outline

  • -----------------------------------------


    DESKRIPSI MATA KULIAH

    Mata kuliah Konsep Dasar Biologi dan IPBA memberikan pengalam belajar mahasiswa untuk melakukan analisis dan pemecahan masalah berkaitan konsep‐konsep dan teori dasar tentang Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan serta Alam Semesta.  Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menguraikan pengetahuan dasar  mahluk hidup dan proses kehidupannya, bumi alam dan tatasurya, serta dapat mengembangkan dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran di sekolah dasar dan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari hari. Dalam perkuliahan ini dibahas  mahluk hidup dan proses kehidupannya, bumi alam dan tata surya.

    Materi Pembelajaran 

    1.  Mahluk Hidup
    2.  Mahluk Hidup dan Lingkunganya
    3.  Perkembangbiakan Mahluk Hidup
    4.  Sistem Pada Manusia
    5.  Makanan, Kesehatan, Penyakit dan Pencegahannya
    6.  Tumbuhan dan Hewan
    7.  Alam Semesta dan Tata Surya
    8.  Bumi dan Alam Semesta

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

    1. Mahasiswa mampu menguraikan konsep/pemahaman dasar  mengenai mahluk hidup dan proses kehidupannya secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dan memecahkan masalah kehidupan sehari hari.
    2. Mahasiswa mampu menguraikan konsep/pemahaman dasar  mengenai tubuh anatomi dan fisiologi tubuh manusia dan fungsinya secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dan memecahkan masalah kehidupan sehari hari.
    3.  Mahasiswa mampu menguraikan konsep/pemahaman dasar  mengenai tumbuhan dan hewan beserta struktur dan fungsinya secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPAdi sekolah dasar dan memecahkan masalah kehidupan sehari hari
    4. Mahasiswa mampu menguraikan konsep/pemahaman dasar  mengenai  bumi dan alam semesta  secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPAdi sekolah dasar dan memecahkan masalah kehidupan sehari hari

       

    • MAHLUK HIDUP

      Pada Bab Ini,  anda akan membahas kehidupan. Pertanyaan pertama yang ingin dijawab oleh   para ilmuwan sejak dahulu kala adalah dari mana kehidupan di bumi berawal.   Apakah makhluk hidup   tercipta begitu saja atau diciptakan oleh Tuhan?  Kajian ini menarik para ilmuwan hingga kini dan belum terjawab  secara meyakinkan. Selain  itu,  anda  akan  membahas ciri kehidupan.  Apakah Anda sudah mengenalnya? Tentu saja, karena materi ini sudah anda pelajari sejak  duduk di bangku SD. Mari   kenali ciri kehidupan mulai dari diri anda sendiri. Selain itu, anda juga akan membahas organisasi kehidupan, mulai dari sel, jaringan, organ, sistem organ dan organisme.

      Dengan mempelajari materi pada modul ini,  kami  yakin Anda akan memperoleh bekal yang cukup untuk menguraikan materi yang berkenaan dengan kehidupan dan dapat digunakan untuk membelajarkan konsep tersebut di sekolah dasar. Dengan demikian, sebagai calon seorang guru profesional, Anda akan lebih percaya diri dalam menjalankan tugas yang telah menunggu di masa mendatang.

      Modul ini disajikan dalam tiga kegiatan belajar, yaitu

      1. Kegiatan Belajar 1 tentang asal mula kehidupan;
      2. Kegiatan Belajar 2 tentang ciri-ciri makhluk hidup; dan
      3. Kegiatan Belajar 3 tentang organisasi kehidupan.

      Capaian pembelajaran yang diharapkan setelah mempelajari modul ini, anda diharapkan mampu 

      menjelaskan teori asal mula kehidupan, ciri-ciri makhluk hidup, dan organisasi kehidupan. Secara lebih rinci, setelah mempelajari modul ini, Anda diharapkan dapat :

      1. menjelaskan dan memberikan contoh teori : abiogenesis, biogenes; evolusi kimia/neoabiogenesis; panspermia, dan penciptaan,
      2. membedakan makhluk hidup dari makhluk tak hidup,
      3. menjelaskan ciri-ciri  fisiologis makhluk hidup  yang  membedakannya dengan makhluk tak hidup,
      4. menjelaskan perbedaan dan persamaan antara hewan dan tumbuhan,
      5. membedakan antara sel, jaringan, organ, sistem organ, dan organisme,
      6. menjelaskan organisasi kehidupan yang terjadi di alam,
      7. menjelaskan hubungan timbal balik antara organisme dan lingkungan.


      • Tes Formatif Kegiatan Belajar 1 Quiz
        Restricted Available until 19 February 2023, 11:55 PM
      • Tes Formatif Kegiatan Belajar 2 Quiz
        Restricted Not available unless:
        • It is before 26 February 2023, 11:55 PM
        • The activity Tugas 2 is marked complete
      • KEGIATAN BELAJAR 3 Lesson
        Restricted Not available unless: The activity KEGIATAN BELAJAR 2 : CIRI CIRI MAHLUK HIDUP is marked complete
      • Tes Formatif Kegiatan Belajar 3 Quiz
        Restricted Not available unless:
        • The activity Tes Formatif Kegiatan Belajar 2 is marked complete
        • It is before 26 February 2023, 11:55 PM
    • MAHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA

      Keberadaan makhluk hidup di muka bumi ini tidak terpisahkan dengan lingkungan, diantara keduanya terdapat ketergantungan dalam memenuhi kebutuhan untuk melakukan berbagai aktivitas hidupnya. Oleh karena itu, guna memperoleh pemahaman keduanya dalam mempelajari lingkungan hidup kita perlu memahami konsep - konsep ekologi. Ekologi merupakan salah satu dasar ilmu lingkungan juga merupakan suatu cara pendekatan dalam mempelajari makhluk-makhluk hidup, sedangkan kajian dasar adalah populasi dan komunitas.
      Mempelajari ekologi sangat penting, karena masa depan kehidupan organisma sangat tergantung pada hubungan ekologi yang berlangsung di bumi. Meskipun perubahan terjadi di tempat lain di bumi ini, namun akibatnya akan kita rasakan pada lingkungan di sekitar kita. Meskipun ekologi adalah cabang dari biologi, namun seorang ahli ekologi harus menguasai ilmu lain seperti kimia, fisika, dan ilmu komputer. Ekologi juga berhubungan dengan bidang ilmu-ilmu tertentu seperti geologi, meteorologi, dan oseanografi, guna mempelajari lingkungan dan hubungannya antara tanah, air, dan udara. Pendekatan dari berbagai ilmu membantu ahli ekologi untuk memahami bagaimana lingkungan nonhidup mempengaruhi mahkluk hidup. Hal ini juga bisa membantu untuk memperkirakan atau meramalkan dampak dari masalah lingkungan seperti hujan asam atau efek rumah kaca.
      Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik (interaksi) antara makhluk hidup dan lingkungannya, baik biotik (makhluk hidup ) maupun abiotik (benda - benda mati). Dalam ekologi kita mempelajari makhluk - makhluk hidup itu sebagai suatu kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. Di dalam lingkungan hidup ini terdapat saling hubungan antar komponennya dan membentuk ekosistem. Sedangkan komponen penyusun ekosistem adalah produsen (tumbuhan hijau), konsumen (herbivor, karnivor dan omnivor) dan dekomposer atau pengurai (mikroorganisme).
      Di dalam suatu ekosistem senantiasa terjadi berbagai dinamika kehidupan seperti rantai makanan, jaring - jaring makanan, pembentukan biomassa, piramida makanan, siklus materi, aliran energi dan lain - lain. Dalam mengembangkan kesimpulan rantai makanan yaitu dengan adanya produsen, konsumen dan dekomposer maka dapat digunakan untuk membahas aliran energi dalam ekologi. Pada rantai makanan masing - masing kelompok organisme yang mempunyai jarak transfer makanan dari sumber energi akan menempati suatu tingkatan trofik tertentu. Pada umumnya produsen akan mempunyai tingkat trofik yang paling rendah.

      Secara umum CAPAIAN PEMBELAJARAN yang diharapkan adalah, menjelaskan tentang ekologi dan saling ketergantungan antara makhluk hidup (aksi interaksi).
      Setelah mempelajari bahan pembelajaran ini, secara khusus Anda diharapkan dapat :

      1. Menjelaskan organisasi makhluk hidup mulai dari individu, populasi, komunitas, dan ekosistem.
      2. Menjelaskan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring - jaring makanan.

      Untuk membantu Anda mencapai capaian pembelajaran tersebut, bahan pembelajaran ini diorganisasikan menjadi dua Kegiatan Belajar, sebagai berikut :
      Kegiatan Belajar (KB) 1 : Ekologi.
      Kegiatan Belajar (KB) 2 : Saling ketergantungan antara makhluk hidup (Aksi Interaksi).

      Untuk membantu Anda dalam mempelajari KEGIATAN BELAJAR ini, ada baiknya diperhatikan beberapa petunjuk belajar berikut ini :
      1. Untuk memperluas wawasan, baca dan pelajari sumber - sumber lain yang relevan. Anda dapat menemukan bacaan dari berbagai sumber, termasuk dari internet.
      2. Mantapkan pemahaman Anda dengan mengerjakan tugas dan melalui
      kegiatan diskusi dengan mahasiswa lainnya.
      3. Jangan dilewatkan untuk mengerjakan tes formatif yang terdapat pada setiap akhir kegiatan belajar.

      SELAMAT BELAJAR
      • Tugas : Latihan Assignment
        Restricted Available until 5 March 2023, 11:55 PM
      • Tes Formatif Mahluk Hidup dan Linkungan Quiz
        Restricted Not available unless:
        • The activity FORUM DISKUSI is marked complete
        • It is before 5 March 2023, 11:55 PM
    • PERKEMBANGBIAKAN MAHLUK HIDUP

      PENDAHULUAN

      Pada materi sebelum nya sudah kita bahas  tentang  ciri mahluk hudup, mahluk hidup dan lingkungannya.  Tentu  Anda  sudah  memahaminya bukan?  Kalau  begitu  marilahkita  lanjutkan  pembahasan  kita  pada  Bahan ajar  Bagian  3,  yaitu  tentang  perkembangbiakan  makhluk  hidup.

      Seperti   telah  kita  ketahui  bahwa  semua  makhluk hidup,   baik  manusia, hewan, maupun  tumbuhan cepat atau  lambat  akan  mengalami kematian, oleh karena  itulah  makhluk   hidup   perlu   berkembang  biak.  Perkembangbiakan makhluk hidup  dapat terjadi  secara  vegetatif dan atau generatif.

      Dengan memahami uraian materi  pada  bahan ajar ini,  kami yakin  Anda  akan memperoleh bekal  yang  cukup  untuk mengajarkan materi perkembangbiakan makhluk hidup  di Sekolah  Dasar. Selain  itu, dalam  bahan ajar ini disajikan pula tentang teknik-teknik dasar pemuliaan tanaman  dan hewan  temak.

      Bahan ajar  ini disajikan dalam  tiga kegiatan belajar, yaitu:

      1. Kegiatan Belajar 1, Perkembangbiakan pada  tumbuhan.
      2. Kegiatan Belajar 2, Perkembangbiakan pada  hewan  dan manusia.
      3. Kegiatan Belajar 3, Pemuliaan tanaman dan hewan  ternak.

       

      Setelah  mempelajari bahan ajar  ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan bagaimana makhluk hidup melakukan perkembangbiakan.

      Secara   lebih   rinci,   capaian pembelajaran setelah  mempelajari  bahan ajar ini,  Anda   diharapkan dapat menjelaskan:

      1. proses  perkembangbiakan pada  tumbuhan;
      2. proses  perkembangbiakan hewan  dan manusia;
      3. pemanfaatan   teknologi  dalam    peningkatan   kualitas   keturunan   pada tumbuhan;
      4. pemanfaatan  teknologi  dalam   meningkatkan  kualitas   keturunan  pada hew an

      Agar  semua  capain pembelajaran tersebut  dapat  tercapai,  Anda  diharapkan  membaca bahan ajar ini dan  memahaminya  dengan   seksama,   serta   melakukan   semua kegiatan yang ada serta memperkaya menggunakan sumber lain yang relevan.

    • SYSTEM PADA MANUSIA

      Pada bahan ajar ini Anda diajak untuk mengkaji dan mempelajari system pada manusia diantaranya system pencernaan, system pernafasan,  system peredaran darah, system gerak, dan system indra. Dengan mempelajari bahan ajar ini dengan baik, Anda akan memiliki pemahaman yang baik tentang beberapa system pada manusia.

      Bahan ajar ini disajikan dalam 5 kegiatan belajar, yaitu:

      1. Kegiatan Belajar 1, System Pencernaan Makanan
      2. Kegiatan Belajar 2, System Penafasan.
      3. Kegiatan Belajar 3, System Peredaran Darah
      4. Kegiatan Belajar 4, System Gerak
      5. Kegiatan Belajar 5, System Indra.

      Setelah  mempelajari bahan ajar  ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan system pada manusia.

      Secara   lebih   rinci,   capaian pembelajaran setelah  mempelajari  bahan ajar ini,  Anda   diharapkan dapat menjelaskan:

      1. Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada manusia
      1. Menentukan kelenjar yang berperan dalam proses pencernaan makanan pada manusia
      2. Menganalisis gangguan yang terjadi pada pencernaan manusia
      3. Menentukan alat-alat penyusun pernapasan
      4. Menjelaskan proses pernapasan yang terjadi pada manusia
      5. Mengidentifikasi gangguan yang terjadi pada pernapasan manusia
      6. Menentukan organ penyusun system peredaran darah
      7. Menjelaskan proses peredaran darah pada manusia
      8. Menganalisis kelainan dan gangguan pada system peredaran darah
      9. Menentukan macam-macam alat gerak pada manusia
      10. Menjelaskan mekanisme kerja otot untuk menimbulkan gerak
      11. Menentukan macam-macam tulang penyusun rangka manusia
      12. Membedakan t fungsi otot  dan rangka system gerak yang terjadi pada manusia
      13. Menentukan salah satu bagian-bagian  (struktur) panca indera manusia
      14. Menjelaskan proses pendengaran yang terjadi pada manusia
      15. Mengidentifikasi gangguan yang terjadi pada salah satu indera manusia.

       

      Agar  semua  capain pembelajaran tersebut  dapat  tercapai,  Anda  diharapkan membaca bahan ajar ini dan  memahaminya  dengan   seksama,   serta   melakukan  semua kegiatan yang ada serta memperkaya menggunakan sumber lain yang relevan.

      • Kegiatan Belajar 1 Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Tes Formatif Perkembangbiakan Mahluk Hidup is marked complete
      • Kegiatan Belajar 2 Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Kegiatan Belajar 1 is marked complete
      • Kegiatan Belajar 3 Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Kegiatan Belajar 2 is marked complete
      • Video Pembelajaran : Sistem Pencernaan Makanan URL
        Restricted Not available unless: The activity Kegiatan Belajar 3 is marked complete
      • Video Pembelajaran : Gangguan/Kelainan sistem peredaran darah (copy) URL
        Restricted Not available unless: The activity Video Pembelajaran : Jantung dalam sistem peredaran darah is marked complete
      • FORUM DISKUSI
        Restricted Not available unless: The activity Video Pembelajaran : Gangguan/Kelainan sistem peredaran darah (copy) is marked complete
      • Tugas : Latihan Assignment
        Restricted Not available unless: The activity FORUM DISKUSI is marked complete
      • Kegiatan Belajar 4 Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Tugas : Latihan is marked complete
      • Kegiatan Belaja 5 Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Kegiatan Belajar 4 is marked complete
      • Video Pembelajaran : Sistem Gerak URL
        Restricted Not available unless: The activity Kegiatan Belaja 5 is marked complete
      • Video Pembelajaran : Sistem Ind Pembau dll URL
        Restricted Not available unless: The activity Video Pembelajaran : Sistem Ind Peraba is marked complete
      • FORUM DISKUSI
        Restricted Not available unless: The activity Video Pembelajaran : Sistem Ind Pembau dll is marked complete
      • Tugas : Latihan Assignment
        Restricted Not available unless: The activity FORUM DISKUSI is marked complete
      • Tes Formatif Sistem pada Manusia Quiz
        Restricted Not available unless: The activity Tugas : Latihan is marked complete
    • UJIAN TENGAH SEMESTER

      Selamat, Anda telah menyelesaikan 4 Topik pembelajaran  (Ciri Mahluk Hidup, Mahluk Hidup dan Lingkungannya, Perkembangbiakan Mahluk Hidup dan Sistem pada Manusia). Selanjutnya, silahkan Anda kerjakan Ujian Tengah Semester. Ujian Tengah Semester ini sebagai rangkaian penilaian untuk memastikan sejauh mana ketercapain capaian pembelajaran mata kuliah yang telah ditetapkan. Ujian Tengah semester ini memiliki bobot 30 % dari keseluruhan penilaian. 

      Sebelum mengerjakan Ujian Tengah Semester ini persiapkan dengan baik dan perhatikan jadwal dan limit waktu yang disediakan. 

      Selamat Mengerjakan.

    • MAKANAN , KESEHATAN, PENYAKIT, DAN PENCEGAHANNYA

      PENDAHULUAN

      Pada Topik ini dibahas tentang makanan, kesehatan, penyakit, dan pencegahannya. Makanan merupakan salah satu faktor penting yang dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup, termasuk manusia. Makanan memiliki hubungan erat dengan kesehatan dan penyakit. Oleh karena itu, jenis, porsi konsumsi, dan kebersihan makanan berpengaruh terhadap kesehatan dan kernungkinan timbulnya suatu penyakit. Penyakit yang biasa menyerang manusia ada bermacam-macam. Selain penyakit yang mempunyai kaitan dengan makanan, ada pula penyakit yang berkaitan dengan sanitasi lingkungan, kebersihan individu dan keturunan. Penyakit yang jelas diketahui penyebabnya akan lebih mudah untuk diobati dan diupayakan pencegahannya.

      Dengan memahami materi Topik ini, diharapkan Anda akan mendapatkan bekal yang cukup materi makanan, kesehatan, penyakit, dan pencegahannya untuk bahan pembelajaran di Sekolah Dasar.  

      Topik ini disajikan dalam dua kegiatan belajar, yaitu sebagai berikut.

      1. Kegiatan Belajar 1 : Makanan.
      2. Kegiatan Belajar 2 : Kesehatan, penyakit, dan pencegahannya.

      Setelah mempelajari Topik ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan arti dan fungsi makanan, kesehatan, berbagai macam penyakit, dan usaha mencegah timbulnya penyakit.

      Secara lebih rinci, setelah mempelajari modul ini, Anda diharapkan dapat:

      1. menentukan zat makanan yang terdapat pada bahan makanan tertentu;
      2. menjelaskan fungsi zat makanan dengan benar;
      3. menentukan penyakit/penyimpangan dalam tubuh yang akan terjadi akibat kurang/lebih mengkonsumsi zat makanan tertentu;
      4. menentukan penyebab suatu penyakit/penyimpangan dalam tubuh dengan tepat;
      5. menjelaskan ciri penyakit yang berhubungan dengan makanan;
      6. menganalisis menu sehat dengan berpatokan pada pedoman susunan makanan sehat;
      7. menjelaskan cara mengajarkan makanan sehat dengan benar;
      8. membedakan usaha kesehatan perorangan dan usaha kesehatan masyarakat;
      9. membedakan usaha ke eh atan perorangan dan usaha kesehatan lingkungan;
      10. menentukan penyebab penyakit secara tepat berdasarkan data yang diberikan;
      11. menentukan organisme penyebab penyakit secara tepat berdasarkan data yang diberikan;
      12. menjelaskan pencegahan penyakit menular dengan benar;
      13. menjelaskan karakteristik penyakit yang diwariskan;
      14.  membedakan karakteristik orang tua dari penderita penyakit yang diwariskan;
      15. menentukan kemunculan penyakit yang diwariskan pada suatu kasus tertentu;
      16. menjelaskan cara mengajarkan kesehatan dan penyakit serta pencegahannya.

      Agar semua tujuan dapat tercapai, Anda diharapkan membaca modul sampai selesai, memahaminya dan melakukan semua kegiatan yang dirninta. Untuk menunjang terlaksananya kegiatan, Anda perlu menyiapkan semua peralatan dan bahan yang perlu disediakan.

      • Kegiatan Belajar 2 : Penyakit dan Pencegahannya Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Kegiatan Belajar 1 : Makanan dan Kesehatan is marked complete
      • FORUM DISKUSI : Makanan, Kesehatan dan Penyakit
        Restricted Not available unless: The activity Kegiatan Belajar 2 : Penyakit dan Pencegahannya is marked complete
      • Tugas : Latihan Makanan Kesehatan dan Penyakit Assignment
        Restricted Not available unless: The activity FORUM DISKUSI : Makanan, Kesehatan dan Penyakit is marked complete
      • Tes Formatif : Makanan, Kesehatan dan Penyakit Quiz
        Restricted Not available unless: The activity Tugas : Latihan Makanan Kesehatan dan Penyakit is marked complete
    • TUMBUHAN DAN HEWAN

      Pada pembahasan sebelumnya Anda telah mengkaji tentang Manusia sebagai mahluk hidup beserta segala sistem yang terdapat di dalamnya, dilanjutkan pada pembahasan Makanan, keseshatan dan penyakit.

      Pada topik ini Anda akan mengkaji dan membahas seputar tumbuhan dan hewan sebagai mahluk hidup. Diharapkan setelah mengkaji dan mempelajari topik bahasan ini Anda akan dapat:

      1. menjelaskan organ tumbuhan;
      2. menjelaskan proses fisiologi pada tumbuhan;
      3. menjelaskan dasar klasifikasi tumbuhan;
      4. menjelaskan dasar klasifikasi hewan;
      5. menjelaskan organ hewan;
      6. menjelaskan proses fisiologi pada tubuh hewan.

       Topik ini disajikan dalam dua kegiatan belajar, yaitu sebagai berikut.

      1. Kegiatan Belajar 1 : Tumbuhan.
      2. Kegiatan Belajar 2 : Hewan.

      Selamat Belajar !

      • FORUM DISKUSI : Kegiatan Belajar 1 (TUMBUHAN)
        Restricted Not available unless: The activity Kegiatan Belajar 1 : Tumbuhan is marked complete
      • Tugas : Latihan Kegiatan Belajar 1 (Tumbuhan) Assignment
        Restricted Not available unless: The activity FORUM DISKUSI : Kegiatan Belajar 1 (TUMBUHAN) is marked complete
      • Tes Formatif : Kegiatan Belajar 1 ( Tumbuhan ) Quiz
        Restricted Not available unless: The activity Tugas : Latihan Kegiatan Belajar 1 (Tumbuhan) is marked complete
    • ALAM SEMESTA DAN TATA SURYA

      PENDAHULUAN

      Manusia, hewan, dan tumbuhan hidup dipermukaan bumi yang sangat luas. Bumi yang kita tempati ini merupakan planet ketiga dalam tata surya. Tata surya yang terdiri dari matahari, planet-planet, satelit-satelit, komet, meteor, dan asteroid hanyalah satu dari jutaan bintang yang bergabung dalam suatu kelompok yang dikenal dengan nama galaksi. Dalam alam semesta ini terdapat ribuan galaksi dengan jarak yang besar dan masing-masing berukuran besar pula. Galaksi kita, yaitu tempat dengan matahari sebagai salah satu anggotanya dinamakan galaksi Bima sakti yang dalam bahasa inggrisnya disebut Milky Way.

      Pada Topik bahasan ini akan dipelajari mengenai bintang dan galaksi, karakteristik galaksi, bentuk galaksi, alam semesta, teori pembentukan alam semesta yang terdiri dari teori big bang; teori keadaan tunak; serta teori osilasi,  tata surya, proses terbentuknya tata surya, karakteristik seluruh  anggota tata surya, dan penerbangan angkasa.

      Capaian Pembelajaran bahasan ini adalah untuk memahami alam semesta dan tata surya, sedangkan sub capaian pembelajarannnya adalah agar mahasiswa dapat :

      1. Menjelaskan pengertian-pengertian  tentang biintang, galaksi, planet, gerhana, dan sebagainya.
      2. Menjelaskan asal-usul teori pembentukan alam semesta
      3. Menjelaskan teori-teori pembentukan tata surya
      4. Menjelaskan karakteristik anggota tata surya
      5. Menjelaskan gejala-gejala yang terjadi pada tata surya
      6. Menjelaskan klasifikasi anggota tata surya
      7. Menjelaskan klasifikasi planet
      8. Menjelaskan mengenai asteroid, meteorid, meteorit, dan meteor
      9. Menjelaskan gerak rotasi dan revolusi pada planet
      10. Menjelaskan manfaat penerbangan antariksa bagi kehidupan manusia

      Bahan ajar ini mencakup tiga kegiatan belajar, yaitu

      1. Kegiatan belajar 1; Bintang dan Galaksi
      2. Kegiatan belajar 2; Tata surya dan karakteristik matahari
      3. Kegiatan belajar 3;  Planet, komet, meteor, asteroid, serta penerbangan ruang angkasa.
      • Kegiatan Belajar 2 : TATA SURYA Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Tes Formatif : Kegiatan Belajar 1 ( ) is marked complete
      • Kegiatan Belajar 3 : PLANET KOMED ASREROID DAN PENERBANGAN RUANAG ANGKASA Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Kegiatan Belajar 2 : TATA SURYA is marked complete
    • BUMI DAN ALAM SEMESTA

      Oksigen,  air,  dan  kondisi  lingkungan  merupakan bagian dari kebutuhan dasar yang diperlukan makhluk hidup untuk mampu bertahan. Semua faktor yang diperlukan makhluk hidup tersebut tersedia di planet tempat kita tinggal, yaitu Bumi.

      Kebutuhan dasar  yang  diperlukan makhluk  hidup  seperti    yang telah diuraikan sebelumnya.   Secara lengkap dan memadai   tidak   oleh planet lain di manapun di tata surya. Di antara bentangan jagat raya yang luasnya tak terbatas, planet Bumi sebenarnya hanyalah sebuah planet kecil yang tampak tidak lebih dari setitik debu di tata surya. Namun, Bumi begitu  unik  dan  berbeda  dari  planet  maupun  benda  langit  lain.  Bumi adalah mukjizat dalam alam semesta.

      Manusia, hewan, dan   tumbuhan   hidup dipermukaan bumi yang sangat luas. Bumi yang kita tempati ini merupakan   planet ketiga dalam tata surya. Tata surya yang terdiri dari matahari, planet-planet, satelit- satelit, komet, meteor, dan asteroid hanyalah satu dari jutaan bintang yang bergabung dalam suatu kelompok yang dikenal dengan nama galaksi. Dalam alam semesta ini terdapat ribuan galaksi yang berjarak relatif jauh dan berukuran relatif besar.

      Capaian Pembelajaran

      1. Menguasai    konsep bumi,  kedudukannya dalam sistem alam semesta dan      aplikasinya    dalam pembelajaran di SD
      2. Menguasai konsep alam   semesta, teori terbentuknya alam semesta serta aplikasinya dalam pembelajaran di SD
      3. Menguasai konsep tata surya, kedudukan matahari dalam susunan tata surya, serta  aplikasinya dalam pembelajaran di SD
    • UJIAN AKHIR SEMESTER

      Selamat, Anda telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan perkuliahan dari Topik pertama sampai dengan topik yang terakhir.

      Kini saatnya Anda melakukan Ujian Akhir Semester.  Ujian akhir semester dilakukan secara online melalui aplikasi ini, dan dilaksanakan sesuai jadwal perkuliahan. 

      Diharapkan mahasiswa untuk mempersiapkan secara baik dan sungguh sungguh !

      Terima kasih.