Kegiatan Belajar 2 : Hewan

 Silahkan lakukan Kegiatan Belajar 2,  Pada Kegiatan Belajar 2 ini berisi : 

  1. Pendahuluan
  2. Capaian Pembelajaran
  3. Materi Pokok
  4. Uraian Materi
  5. Rangkuman
  6. Daftar Pustaka
  7. Penutup

Rangkuman

  

 

          Ikan berdarah dingin (suhu tubuh berubah-ubah mengikuti suhu lingkungan). Jantung terdiri atas dua bagian, dan bernapas dengan menggunakan insang.

         Hewan amfibi menghabiskan hidupnya sebagian di air dan di darat. Amfibi adalah hewan vertebrata yang mengalami metamorfisis (perubahan bentuk tubuh) dalam daur hidupnya.

        Kebanyakan reptil memiliki kulit yang kasar dan bersisik. Reptil yang berkaki mempunyai lima jari dengan cakar seperti beruang. Reptil bernapas dengan menggunakan paru-paru, sehingga  oksigen dihirup langsung dari udara, walaupun ada juga reptil yang sebagian besar hidupnya berada di dalam air seperti penyu. Reptil merupakan hewan darat karena berkembangbiak/ bertelur di darat.

        Burung adalah hewan yang tubuhnya ditutupi oleh bulu. Beberapa burung dengan sayapnya dapat terbang seperti elang, pipit, dan merpati. Beberapa jenis burung jarang terbang seperti ayam dan itik manila. Beberapa burung lainnya tidak dapat terbang, seperti burung unta, pinguin, dan kiwi.

 

         Mamalia dapat kita temukan pada setiap daratan di bumi. Semua makhluk hidup itu mempunyai kelenjar susu dan tubuhnya ditutupi oleh rambut. Mamalia berkembangbiak dengan cara melahirkan (vivipar). Bayi-bayi mamalia akan lahir dari tubuh betina.

          Protozoa merupakan hewan yang memiliki ciri tubuh hanya terbentuk dari sebuah sel. Terdiri dari klas sporozoa, rhizopoda, flagellata, cilliata.

         Hewan yang termasuk ke dalam filum Porifera memiliki tubuh yang berpori-pori. Klas yang terkenal dalam Filum Porifera adalah Klas Despongia, contohnya adalah Spongia (hewan spons). Spongia banyak dijumpai di laut, dulu digunakan sebagai alat pembersih (spons).

          Hewan yang termasuk ke dalam Filum Coelenterata memiliki tubuh yang berongga.

        Hewan yang termasuk ke dalam Filum Platyhelmintes memiliki ciri tubuh pipih memanjang (cacing). Nemathelmintes adalah cacing yang berbentuk gilig. Kedua ujung tubuhnya runcing sedangkan bagian tengah tubuhnya bulat. Anelida adalah cacing yang berbentuk gelang

          Echinodermata memiliki alat gerak yang disebut kaki ambulakral. Kebanyakan hewan-hewan klas ini hidup di air laut.

        Hewan arthropoda tubuh dan kakinya beruas-ruasterdiri dari klas crustaceae, miriapoda, aracnoidea, dan insecta.