PENDAHULUAN
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK):
- Mampu melaksanakan kinerja mandiri, bermutu dan terukur dalam hal kemandirian dan kewirausahaan.
- Mampu memilih keputusan secara tepat berdasarkan hasil analisis informasi dan data dalam mengaplikasikan teknologi informasi dalam mendukung kegiatan kewirausahaan secara digital.
- Mampu mengintegrasikan dan menilai penggunaan teknologi digital dengan bisnis secara komprehensif guna menyelesaikan permasalahan dalam mendukung kegiatan kewirausahaan secara digital.
- Mampu merancang proyek pemasaran digital berdasarkan konsep manajemen pemasaran dan konsep Teknologi Informasi dan Komunikasi guna mendukung kegiatan kewirausahaan secara digital.
DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH:
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam Strategi Pemasaran Digital. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar Pemasaran Digital dan teknologi Augmented Reality (AR), serta mengintegrasikan teknologi Augmented Reality (AR) ke dalam iklan pemasaran untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan pelanggan. Melalui model pembelajaran Project Based Learning (PBL), mahasiswa akan terlibat dalam proyek nyata untuk merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi iklan Pemasaran Digital berbasis Augmented Reality (AR).
MATERI YANG DIBERIKAN:
- Konsep Pemasaran
- Strategi Bauran Pemasaran
- Konsep dan Ekosistem Pemasaran Digital
- Media Sosial dan Iklan Media Sosial
- Website dan SEO/SEM
- E-commerce dan E-mail Marketing
- Strategi Pemasaran Digital menggunakan Platform Digital
- Ujian Tengah Semester (UTS)
- Pengenalan dan Platform berbasis Augmented Reality (AR)
- Elemen Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR)
- Pengembangan Konten Berbasis Augmented Reality (AR)
- Integrasi Augmented Reality (AR) dalam Kampanye Pemasaran Digital
- Pembuatan Proyek Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR)
- Presentasi Proyek Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR)
- Evaluasi dan Peningkatan Kinerja Pemasaran Digital
- Ujian Akhir Semester (UAS)
MODEL PERTEMUAN:
Kegiatan perkuliahan ini dilakukan secara blended learning yaitu:
- Pertemuan sinkron (face to face), yaitu pertemuan offline atau online, dosen dan mahasiswa bertemu dalam ruang kelas sesuai jadwal kuliah,
- Pertemuan asinkron, yaitu pertemuan yang dilakukan secara daring dengan menggunakan e-learning, dosen dan mahasiswa tidak bertemu dalam ruang kelas.
UTS dan UAS dilakukan secara face to face.
PETUNJUK MEMPELAJARI MEDIA PEMBELAJARAN:
Media pembelajaran yang disediakan pada setiap tatap muka meliputi:
- handout
- media presentasi
- sumber bacaan lain
- video pembelajaran
Pertama-tama, Anda harus download media pembelajaran no 1, 2 dan 3. Anda sebaiknya membaca materi ini dengan tuntas. Setelah itu, Anda diminta untuk melihat video. Video akan meningkatkan pemahaman Anda terhadap materi kuliah.
Silakan klik "PENDAHULUAN" untuk mengetahui Sistem Penilaian.
SISTEM PENILAIAN:
Bobot penilaian ditentukan oleh beberapa komponen penilaian, yaitu sebagai berikut:
No. | Komponen Penilaian | Bobot (%) |
1 | Kehadiran | 15% |
2 | Tugas | 20% |
3 | Ujian Tengah Semester (UTS) | 25% |
4 | Ujian Akhir Semester (UAS) | 40% |
Adapun nilai tersebut akan dikonversi sebagai berikut:
No. | Nilai | Skor |
1 | A | x >= 80 |
2 | AB | 73 <= x < 80 |
3 | B | 65 <= x < 73 |
4 | BC | 60 <= x < 65 |
5 | C | 55 <= x < 60 |
6 | CD | 50 <= x < 55 |
7 | D | 45 <= x < 50 |
8 | E | x < 45 |