Topic outline

  • Pemasaran Digital (Digital Marketing)


    Dosen Pengampu

      Nama : HANIF ZAIDAN SINAGA
    Email: hanif.zaidan@gmail.com

    Mata Kuliah   :   Pemasaran Digital
    Kode   :   PBD232
    Program Studi   :   S1 Bisnis Digital
    Perguruan Tinggi   :   Universitas Ibn Khaldun Bogor

    Semua pengumuman terkait mata kuliah ini akan diinformasikan melalui Forum PENGUMUMAN pada tautan diberikut ini:

  • Pertemuan 1: Konsep Pemasaran

  • Pertemuan 2: Strategi Bauran Pemasaran

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 2 ini adalah Sub CPMK-1 : mampu menjelaskan (C2) konsep pemasaran, bauran pemasaran, pemasaran digital, dan augmented reality (AR). CPMK-1
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Konsep bauran pemasaran
    2. Bauran pemasaran product
    3. Bauran pemasaran price
    4. Bauran pemasaran place
    5. Bauran pemasaran promotion
    6. Strategi Bauran Pemasaran
  • Pertemuan 3: Konsep dan Ekosistem Pemasaran Digital

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 3 dan hari ini kita akan membahas tentang Konsep dan Ekosistem Pemasaran Digital. 

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 3 ini adalah Sub CPMK-1 : mampu menjelaskan (C2) konsep pemasaran, bauran pemasaran, pemasaran digital, dan augmented reality (AR). CPMK-1
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Konsep pemasaran digital
    2. Konsep Ekosistem Pemasaran Digital
    3. Elemen-elemen Ekosistem Pemasaran Digital
    4. Pentingnya Ekosistem Pemasaran Digital
  • Pertemuan 4: Media Sosial dan Iklan Media Sosial

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 4 dan hari ini kita akan membahas tentang Media Sosial dan Iklan Media Sosial. 

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 4 ini adalah Sub CPMK-2 : mampu menggunakan (C3) elemen-elemen dalam pemasaran digital. CPMK-2
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Media sosial
    2. Pemilihan media sosial
    3. Merancang dan Menguji Iklan
    4. Memilih jenis-jenis media dan jadwal iklan
  • Pertemuan 5: Website dan SEO/SEM

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 5 dan hari ini kita akan membahas tentang Website dan SEO/SEM. 

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 5 ini adalah Sub CPMK-2 : mampu menggunakan (C3) elemen-elemen dalam pemasaran digital. CPMK-2
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Langkah-langkah membuat konten secara kreatif
    2. Pengelolaan Website
    3. Search Engine Optimization (SEO)
    4. Search Engine Marketing (SEM)
  • Pertemuan 6: E-commerce dan E-mail Marketing

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 6 dan hari ini kita akan membahas tentang E-Commerce dan E-mail Marketing.

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 6 ini adalah Sub CPMK-2 : mampu menggunakan (C3) elemen-elemen dalam pemasaran digital. CPMK-2
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Konsep dan Penerapan E-commerce
    2. Konsep dan Penerapan E-mail marketing
    3. Strategi Pemasaran dalam Pemasaran Digital
  • Pertemuan 7: Strategi Pemasaran Digital

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 7 dan hari ini kita akan membahas tentang Strategi Pemasaran Digital.

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 7 ini adalah Sub CPMK-3 : mampu mengintegrasikan (C4) strategi pemasaran dengan elemen-elemen pemasaran digital. CPMK-3
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Konsep Platform Digital
    2. Menyusun Strategi Pemasaran Digital menggunakan Platform Digital
  • Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai UTS hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Selamat mengerjakan.

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 8 ini adalah Ujian Tengah Semester (UTS)
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Ujian Tengah Semester (UTS)
  • Pertemuan 9: Pengenalan Platform berbasis Augmented Reality (AR)

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 9 dan hari ini kita akan membahas tentang Pengenalan Platform berbasis Augmented Reality (AR).

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 9 ini adalah Sub CPMK-1 : mampu menjelaskan (C2) konsep pemasaran, bauran pemasaran, pemasaran digital, dan augmented reality (AR). CPMK-1
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Konsep Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Mixed Reality (MR).
    2. Platform yang menggunakan Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Mixed Reality (MR).
  • Pertemuan 10: Elemen Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR)

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 10 dan hari ini kita akan membahas tentang Elemen Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR).

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 10 ini adalah Sub CPMK-4 : mampu mengintegrasikan (C4) elemen-elemen pemasaran digital dengan augmented reality (AR). CPMK-3
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Elemen-elemen pemasaran digital (media sosial dan website) menggunakan augmented reality (AR)
  • Pertemuan 11: Pengembangan Konten Berbasis Augmented Reality (AR)

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 11 dan hari ini kita akan membahas tentang Pengembangan Konten Berbasis Augmented Reality (AR).

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 11 ini adalah Sub CPMK-4 : mampu mengintegrasikan (C4) elemen-elemen pemasaran digital dengan augmented reality (AR). CPMK-3
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Konsep konten pemasaran
    2. Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Pemasaran
    3. Membuat konten pemasaran berbasis Augmented Reality (AR).
  • Pertemuan 12: Integrasi Augmented Reality (AR) dalam Kampanye Pemasaran Digital

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 12 dan hari ini kita akan membahas tentang Integrasi Augmented Reality (AR) dalam Kampanye Pemasaran Digital.

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 12 ini adalah Sub CPMK-4 : mampu mengintegrasikan (C4) elemen-elemen pemasaran digital dengan augmented reality (AR). CPMK-3
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Kampanye dalam Pemasaran Digital
    2. Menggabungkan kampanye dalam pemasaran digital dengan augmented reality (AR)
  • Pertemuan 13: Pembuatan Proyek Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR)

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 13 dan hari ini kita akan membahas tentang Pembuatan Proyek Pemasaran Digital berbasis Augmented Reality (AR).

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 13 ini adalah Sub CPMK-5 : mampu merancang (C6) dan mengevaluasi (C5) proyek pemasaran digital berbasis augmented reality (AR). CPMK-4
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Langkah-langkah menyusun proposal usaha
    2. Pemilihan usaha yang akan dipasarkan secara digital
  • Pertemuan 14: Presentasi Proyek Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR)

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 14 dan hari ini kita akan membahas tentang Presentasi Proyek Pemasaran Digital berbasis Augmented Reality (AR).

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 14 ini adalah Sub CPMK-5 : mampu merancang (C6) dan mengevaluasi (C5) proyek pemasaran digital berbasis augmented reality (AR). CPMK-4
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Presentasi proposal
  • Pertemuan 15: Evaluasi dan Peningkatan Kinerja Pemasaran Digital

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 15 dan hari ini kita akan membahas tentang Evaluasi dan Peningkatan Kinerja Pemasaran Digital.

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 15 ini adalah Sub CPMK-5 : mampu merancang (C6) dan mengevaluasi (C5) proyek pemasaran digital berbasis augmented reality (AR). CPMK-4
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Evaluasi pemasaran digital menggunakan Augemented Reality (AR).
  • Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai UAS hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Selamat mengerjakan.

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 16 ini adalah Ujian Akhir Semester (UAS)
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Ujian Akhir Semester (UAS)