Rangkuman Materi Pertemuan 2

Teori berfungsi sebagai hal fundamental yang melandasi praktik atau teori dapat disebut juga sebagai landasan sekaligus fondasi bagi pengembangan produk, agar produk yang dikembangkan dapat sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang dituju. Beberapa teori mendasar yang perlu dipelajari sebelum mengembangkan progam MPI adalah tiga pokok teori belajar, yakni behavioristi, kognitif, dan konstruktivistik. Menurut pendapat Ertmer & Newby (Rusman, 2012) tiga teori belajar tersebut (behavioristik, kognitif, dan konstruktivistik) menjadi dasar dalam pengembangan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.  Teori belajar behavioristik yang lebih menekankan pada pembentukan keterampilan dan perubahan perilaku merupakan dasar dalam pembelajaran drill and practice yang dapat diterapkan pada pemberian latihan. Teori belajar behavior ini nantinya akan dapat membentuk aspek keterampilan, yakni aspek psikomotor. Teori belajar kognitif dapat membantu pembentukan struktur pemahaman dan pengetahuan mahasiswa melalui penataan informasi atau materi pembelajaran. Selanjutnya, melalui teori belajar konstruktivistik dapat mendasari pembentukan aspek afektif yang berupa rasa ingin tahu dan peningkatan daya kreativitas melalui sajian materi yang didukung dengan berbagai media. 

Last modified: Wednesday, 26 February 2020, 10:10 AM